Pandemi Virus Corona, Ini yang Paling Banyak Dicari di Pencarian Google

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Pandemi Virus Corona, Ini yang Paling Banyak Dicari di Pencarian Google
Ilustrasi Google Search. [Shutterstock]

Google memberikan data seputar tren penelusuran selama pandemi virus Corona (COVID-19) di Indonesia selama Maret 2020.

Suara.com - Google memberikan data seputar tren penelusuran selama pandemi virus Corona (COVID-19) di Indonesia selama Maret 2020 melalui fitur Google Trend.

Fitur tersebut merupakan alat untuk melihat tren penelusuran dengan menunjukkan seberapa sering istilah penelusuran yang diberikan dimasukkan ke dalam mesin pencari Google, relatif terhadap total volume penelusuran situs selama periode waktu tertentu.

Banyak pengguna Google di Indonesia yang masih mempelajari tentang virus COVID-19, sehingga sebagian besar penelusuran masih seputar gejala, bagaimana penyebaran virus, pencegahan, hingga kabar terkini tentang situasi penyebaran virus di tanah air.

Puncak minat penelusuran terjadi pada 16 Maret dengan topik pertanyaan paling populer seputar virus Corona adalah 'Bagaimana cara mencegah virus Corona'. Pertanyaan tersebut melonjak hingga lebih dari 3,840 persen.

'Apa itu COVID-19' menjadi pertanyaan terpopuler kedua dan diikuti pertanyaan terpopuler ketiga adalah 'Bagaimana penyebaran virus Corona'. Minat penelusuran untuk pertanyaan ketiga melonjak pada Maret 2020 hingga lebih dari 3,010 persen.

Sementara itu, selama 7 hari terakhir atau per 3 April 2020, Google Trend mencatat topik utama penelusuran seputar virus Corona didominasi dengan pertanyaan seputar gejala. Pertanyaan seperti gejala-gejala orang yang terkena COVID-19 melonjak hingga lebih dari 9,800 persen.

Ilustrasi virus corona (Coronavirus) Covid-19. (Shutterstock)
Ilustrasi virus corona (Coronavirus) Covid-19. (Shutterstock)

Sedangkan, pertanyaan teratas mengenai virus Corona selama 7 hari terakhir adalah tentang berapa hari masa inkubasi COVID-19.

Menurut Google, provinsi dengan minat penelusuran seputar virus Corona tertinggi dalam 7 hari terakhir mencakup Bali untuk posisi pertama, lalu diikuti Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Kepulauan Riau, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Kalimantan Selatan.

Adapun kota dengan minat penelusuran mengenai virus Corona tertinggi dalam 7 hari terakhir adalah North Kuta pada posisi teratas, kemudian Kota Agung, Karangasem, Betun, Abiansemal, Gianyar, Toboali, Kuta, Nganjuk, dan Pagar Alam.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS