Cara Mencegah Kacamata Berkabut saat Mengenakan Masker Wajah

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Cara Mencegah Kacamata Berkabut saat Mengenakan Masker Wajah
Ilustrasi seorang perempuan berkacamata mengenakan masker. [Shutterstock]

Kabut atau embun akan muncul ketika pengguna mengenakan masker wajah dan napas hangat menyentuh permukaan kacamata yang relatif dingin.

Suara.com - Penggunaan masker penutup wajah telah disarankan oleh para petugas medis karena dapat menghambat penyebaran virus Corona (Covid-19). Tapi terkadang, menggunakan masker wajah bisa menjadi hal yang tidak menyenangkan bagi pengguna kacamata karena sering membuat lensa berkabut.

Kabut atau embun akan muncul ketika pengguna mengenakan masker wajah dan napas hangat menyentuh permukaan kacamata yang relatif dingin. Ini bisa membahayakan pengguna karena bisa menghalangi penglihatan.

Ada beberapa cara untuk menyiasati agar kacamata tidak berkabut. Dilansir dari The Verge, Jumat (24/7/2020), berikut cara mencegah kacamata berkabut saat menggunakan masker penutup wajah:

1. Gunakan masker wajah dengan nose bridge

Jika pengguna menggunakan masker pas di hidung, napas pengguna pasti akan lolos dan mengenai kacamata. Banyak masker wajah yang dijual memiliki nose bridge, sebuah strip fleksibel yang bisa ditekuk dan membentuk sesuai batang hidung sehingga lebih nyaman di hidung.

Ini akan membuat masker wajah lebih efektif karena lebih sedikit uap air yang dapat keluar, membuat pengguna lebih nyaman, dan mencegah napas mengenai kacamata.

2. Letakkan kacamata di atas masker

Cara sederhana lainnya adalah dengan meletakkan bantalan kacamata atau bagian bawah kacamata di atas masker wajah sehingga bagian atasnya lebih tinggi di hidung pengguna. Dengan mengenakan kacamata di atas bahan masker akan menghalangi napas pengguna mengenai kacamata.

3. Gunakan sabun dan air

Jika pengguna tidak memiliki lapisan khusus pada kacamata, pengguna dapat mencoba mencucinya dengan air sabun dan kemudian mengeringkannya. Tujuannya adalah sabun akan meninggalkan film yang mencegah kamacata berkabut.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS