Jarang Disadari, Sajadah Jadul Ini Memiliki Gambar Hagia Sophia?

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Jarang Disadari, Sajadah Jadul Ini Memiliki Gambar Hagia Sophia?
Sejumlah wisatawan mengunjungi Hagia Sophia di Istanbul, Turki (10/72020). [ANTARA/Xinhua/Osman Orsal/aa]

Seorang warganet membagikan hal yang jarang diketahui oleh banyak orang mengenai Hagia Sophia.

Suara.com - Hagia Sophia atau Aya Sofya yang terletak di Istanbul, Turki, makin menarik perhatian global karena pemerintah Turki mengubah statusnya kembali menjadi masjid. Belakangan, seorang warganet membagikan hal yang jarang diketahui oleh banyak orang mengenai Hagia Sophia.

Dibagikan oleh akun Twitter @AzzamIzzulhaq pada 20 Juli, pemilik akun mengatakan bahwa gambar Hagia Sophia telah ditemukan pada desain sajadah yang populer pada zaman dulu.

Pemilik akun mengunggah gambar sajadah jadul yang didominasi warna merah dengan dua kotak bagian atas terisi gambar masjid, sementara bagian tengah hingga ke bawah seperti menunjukkan dua pilar di dalam masjid.

Sajadah seperti ini sangat umum ditemukan pada zaman dulu dan terkadang masih sering digunakan di beberapa masjid atau mushola di daerah pinggiran Indonesia.

Dalam salah satu kotak di bagian atas yang memiliki gambar masjid memperlihatkan desain bangunan Masjidil Haram, Mekkah, sementara kotak sebelahnya memiliki desain Hagia Sophia.

Dalam cuitannya, menurut pemilik akun digunakannya gambar Hagia Sophia pada sajadah merupakan salah satu upaya agar bangunan itu diingat oleh umat Islam sebagai masjid, termasuk "rekayasa pikiran" melalui desain pesan secara tersembunyi.

"Masihkah kita ingat dengan sajadah dengan desain seperti ini? Sajadah ini populer pada zaman dulu sekitar tahun 1940-1990an (entah sekarang apakah masih ada atau tidak). Sadarkah kita bahwa gambar masjid di sebelah Masjidil Haram itu adalah Aya Sofya (Hagia Sophia)? Upaya agar Aya Sofya diingat oleh umat Islam sebagai masjid dilakukan dengan berbagai macam cara sejak lama. Termasuk dengan 'mind engineering' melalui desain pesan secara tersembunyi. Itulah kenapa, pada saatnya Aya Sofya menjadi masjid kembali, kita merasa 'tak asing lagi'," tulis pemilik akun @AzzamIzzulhaq dalam kolom keterangan pada utas yang dibuatnya.

Sajadah jadul. [Twitter]
Sajadah jadul. [Twitter]

Unggahan yang telah dibagikan sebanyak lebih dari 3.200 kali ke sesama pengguna Twitter itu pun menuai beragam komentar. Beberapa warganet bahkan mengaku masih memiliki sajadah dengan desain seperti itu meskipun gambarnya sudah pudar.

"Wah baru sadar," tulis akun @HambaAL16755348.

"Sajadah legend. Di masjid kampung saya masih ada yang pakai," komentar @RCWryo.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS