Loyalitas Pengguna Android Lebih Tinggi Ketimbang iOS, Ini Hasil Studinya

Dythia Novianty | Tivan Rahmat
Loyalitas Pengguna Android Lebih Tinggi Ketimbang iOS, Ini Hasil Studinya
Ilustrasi iOS Vs Android. [Shutterstock]

Saat ini, ada dua sistem operasi seluler utama dalam industri ponsel, yakni Android dan iOS.

Suara.com - Saat ini, ada dua sistem operasi seluler utama dalam industri ponsel, yakni Android dan iOS. Dua sistem operasi seluler ini selalu berkompetisi untuk memberikan pengalaman pengguna yang unik. iOS diketahui memiliki fitur keamanan yang lebih ketat.

Meski begitu, sebuah studi mengungkap bahwa pengguna Android memiliki loyalitas terhadap merek ponsel yang lebih tinggi daripada pengguna iOS.

Consumer Intelligence Research Partnership (CIRP) telah mengumpulkan beberapa data dari pengguna. Data ini menunjukkan bahwa penggemar Android cenderung lebih loyal kepada merek tertentu.

Dikutip dari Gizchina, Senin (27/7/2020), loyalitas pengguna Android berada di angka 91 persen, unggul tipis dari persentase loyalitas pengguna iOS dengan 86 persen.

Hasil studi ini terbilang mengejutkan. Pasalnya beberapa tahun lalu, pelanggan iOS lebih loyal daripada Android yang saat itu cenderung rentan terhadap serangan malware.

Namun, setelah Google melakukan pengembangan aplikasi, musik, keamanan, video, dan desain keseluruhan, tren ini mulai berubah.

Ilustrasi ponsel Android. [Shutterstock]
Ilustrasi ponsel Android. [Shutterstock]

Tak sekadar statistik saja, hasil studi ini juga menggambarkan adanya nilai kesetiaan konsumen terhadap satu merek ponsel.

Padahal, jumlah merek ponsel berplatform Android jauh lebih banyak ketimbang iOS yang hanya dijalankan oleh ponsel milik Apple saja: iPhone.

Dengan demikian, survei ini memperlihatkan kecenderungan pengguna Oppo untuk tetap menggunakan Oppo, atau pengguna Xiaomi yang setia bersama Xiaomi.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS