Cara Berbagi Lokasi di Google Maps Melalui Android dan iOS

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Cara Berbagi Lokasi di Google Maps Melalui Android dan iOS
Google Maps di ponsel Android. [Shutterstock]

Google Maps juga dapat menjadi alat sosial di mana pengguna dapat mengirim lokasi ke orang lain.

Suara.com - Google Maps menjadi salah satu aplikasi navigasi paling populer di smartphone. Selain menavigasi, layanan ini juga dapat menjadi alat sosial di mana pengguna dapat mengirim lokasi ke orang lain, untuk mengoordinasikan perteman atau meyakinkan orang lain bahwa pengguna hampir tiba di lokasi. Untuk berbagi lokasi Google Maps pun sangat mudah dilakukan.

Dilansir dari Android Authority, Selasa (28/7/2020), berikut cara berbagi lokasi di Google Maps baik di ponsel Android dan iOS:

1. Cara berbagi lokasi di Google Maps melalui Android dan iOS dengan kontak

Pengguna dapat berbagi lokasi Google Maps dengan orang-orang tertentu di kontak ponsel. Cara berbagi lokasi Google Maps dengan kontak di Android dan iOS memiliki instruksi yang mirip untuk keduanya.

Pada aplikasi Google Maps, ketuk ikon profil di kanan atas > ketuk opsi Location Sharing. Jika ini adalah kali pertama berbagi lokasi, Google Maps akan memberikan pengantar dan memungkinkan Anda memilih kontak. Jika ini bukan kali pertama, ketuk opsi New Share.

Setelah memilih kontak, ketuk durasi untuk memilih berapa lama ingin berbagi info lokasi. Anda dapat menambah waktu dalam kenaikan satu jam atau memilih opsi Until You Turn This Off untuk dibagikan tanpa batas waktu.

Maps akan menunjukkan status untuk kontak tersebut. Jika ingin berbagi dengan orang lain, ketuk New Share dan ulangi prosesnya. Untuk berhenti, ketuk status berbagi dan ketuk opsi Stop.

2. Cara berbagi lokasi di Google Maps melalui Android dan iOS menggunakan aplikasi atau tautan

Anda mungkin juga ingin membagikan lokasi melalui aplikasi tertentu, seperti pesan instan, jejaring sosial, atau membuatnya sebagai tautan umum.

Ilustrasi kemacetan di Google Maps. [Shutterstock]
Ilustrasi Google Maps. [Shutterstock]

Untuk melakukannya, pada aplikasi Google Maps, ketuk ikon profil di kanan atas > ketuk opsi Location Sharing. Jika ini adalah kali pertama berbagi, Maps akan menyajikan menu kontak yang sama yang disebutkan dalam instruksi sebelumnya, tetapi juga akan memberi opsi untuk membagikan tautan melalui aplikasi atau tautan secara langsung (Android) atau dengan mengetuk More Options (iOS).

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS