Beda dengan versi Asli, Oppo Reno 4 di Indonesia Dipacu Snapdragon 720G

Liberty Jemadu | Tivan Rahmat
Beda dengan versi Asli, Oppo Reno 4 di Indonesia Dipacu Snapdragon 720G
Oppo Reno 4 diperkenalkan di Indonesia, Senin (20/7/2020). [Suara.com/Tivan Rahmat]

Prosesor Oppo Reno 4 di Indonesia berbeda karena di Tanah Air belum digelar teknologi jaringan 5G.

Suara.com - Oppo Indonesia akhirnya mengungkap chipset yang akan menjadi otak ponsel anyarnya, Oppo Reno 4, yang akan dirilis dalam waktu dekat. Berbeda dengan versi China yang dipersenjatai Qualcomm Snapdragon 765G, Oppo Reno 4 versi Indonesia justru diotaki Snapdragon 720G.

"Seperti yang sudah saya ungkap di awal kemunculan Oppo Reno 4 di Indonesia, kemungkinan akan ada perbedaan spesifikasi dengan versi China. Dan hari ini terbukti, Reno 4 pakai Qualcomm Snapdragon 720G," kata PR Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto, Rabu (29/7/2020).

Terkait alasan perbedaan spek Oppo Reno 4 Indonesia dengan China, Aryo menjelaskan bahwa chipset tersebut tidak relevan dengan infrastruktur jaringan telekomunikasi di Tanah Air.

"Kenapa tidak pakai 765G seperti versi orisinil? Karena chispet tersebut punya modem 5G yang terintegrasi di dalam SoC, jadi tidak memungkinkan untuk dibawa ke Indonesia yang masih belum menggelar 5G," imbuhnya.

Snapdragon 720G telah mendukung fitur 30W VOOC 4.0, sehingga mampu mengisi penuh baterai 4.015 mAh hanya dalam waktu 57 menit. Secara teknis, Snapdragon 720G dibuat dengan proses fabrikasi 8 nm dan low power DDR4X semiconductor yang rendah konsumsi daya.

Dibandingkan dengan chipset MediaTek Helio P95 yang ada pada Reno 3, kinerja CPU single-core meningkat 46 persen dan 26 persen ketika diuji dalam multi-core menggunakan aplikasi Geekbench. Meski chipsetnya sudah terungkap, namun Aryo belum membeberkan harga Oppo Reno 4 di Indonesia.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS