Piala Menpora Esports 2020 Segera Digelar, Pendaftaran Buka 1 Agustus

Liberty Jemadu | Tivan Rahmat
Piala Menpora Esports 2020 Segera Digelar, Pendaftaran Buka 1 Agustus
Ketua Panitia Penyelenggara Piala Presiden Esports 2020, Giring Ganesha (kiri) dan Tenaga Ahli Muda Kantor Staf Presiden, Aditya Syarief (kanan). [dokumentasi pribadi]

Piala Menpora Esports lebih fokus untuk pencarian bibit bibit baru yang berasal dari tingkat SMP, SMA, hingga universitas.

Suara.com - Turnamen game Piala Menpora Esports 2020 akan segera di gelar di tengah pandemi Covid-19, demikian diumumkan Presiden Indonesia Esports Premier League (IESPL) Giring Ganesha di Jakarta, Rabu (29/7/2020).

"Sesuai namanya, Piala Menpora Esports 2020 merupakan inisiatif dari Kemenpora. Ide awalnya langsung dari Menteri Zainuddin Amari. Beliau bilang, esports adalah satu-satunya cabang olahraga yang masih bisa berjalan di tengah pandemi Covid-19," kata Giring di sela-sela peluncuran ponsel terbaru Samsung, Rabu (29/7/2020).

Berbeda dengan Piala Presiden Esports yang diikuti oleh pemain game profesional, Giring menjelaskan bahwa Piala Menpora Esports lebih fokus untuk pencarian bibit bibit baru.

"Targetnya, kita menjaring pelajar SMP, SMA, dan universitas yang berpotensi menjadi atlet esports profesional. Jadi kompetisi ini membantu menyiapkan masa depan esports Indonesia," lanjut mantan vokalis band Nidji tersebut.

Rencananya, pendaftaran Piala Menpora Esports 2020 akan dibuka pada 1 Agustus mendatang. Tim yang berpartisipasi wajib satu sekolah atau universitas," kata Giring.

"Tim yang mau ikut wajib satu sekolah atau seuniversitas. Jadi selain mencari bibit baru, kompetisi ini juga sebagai sarana prestasi di kalangan akademis, agar game tidak dipandang sebelah mata lagi. Nantinya, tim yang bertanding akan mewakili nama sekolah atau universitas. Target kita bisa diikuti 10.000 peserta," imbuhnya.

Piala Menpora Esports 2020 sendiri mempertandingkan game besutan Moonton, Mobile Legends: Bang Bang. Seluruh peserta turnamen esports nasional ini berkesempatan untuk mendapatkan total hadiah sebesar Rp 150 juta.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS