Kenapa HP Lemot? Ini 5 Penyebab Performa Handphone Menurun

Dany Garjito
Kenapa HP Lemot? Ini 5 Penyebab Performa Handphone Menurun
Sakit leher bisa terjadi karena penggunaan smartphone. (Shutterstock)

Berikut 5 penyebab kenapa HP lemot yang perlu diketahui.

Suara.com - Mengenali penyebab kenapa HP lemot dapat membantu Anda menemukan solusi yang tepat untuk mengatasinya. Jangan sampai Anda mengambil tindakan yang tidak sesuai dengan penyebab HP lemot. Tindakan itu bisa saja malah memberikan masalah baru bagi HP Anda atau bahkan bagi kantong Anda.

Handphone (HP) merupakan teknologi yang menawarkan segala kemudahan bagi para penggunanya.

Namun pada beberapa kasus, HP justru dapat menyulitkan pengguna karena performanya yang semakin memburuk. Kondisi ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor.

Berikut 5 penyebab kenapa HP lemot yang perlu diketahui:

Baca Juga: 5 Cara Edit Foto Kekinian di PicsArt, Cocok untuk Feed Instagram

Ilustrasi smartphone. (Unsplash/rawpixel)
Ilustrasi smartphone. (Unsplash/rawpixel)
  1. Terlalu banyak aplikasi yang dijalankan
    Terlalu banyak menjalankan aplikasi sekaligus dapat menyebabkan HP Anda menjadi lemot. Kebiasaan ini membuat HP harus bekerja lebih keras sehingga tidak heran jika performanya akan menurun. Untuk mengatasi hal ini, tutup aplikasi-aplikasi yang sedang tidak Anda gunakan.
  2. Memori dan RAM hampir penuh
    Penyebab HP lemot juga dapat disebabkan oleh memori internal dan RAM yang hampir penuh. RAM yang penuh dapat disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya malware yang terbawa saat Anda meng-install aplikasi. Bahkan dalam beberapa kasus, malware tidak akan ikut terhapus saat Anda menghapus aplikasinya. Pada beberapa HP, terdapat aplikasi pembersih yang bisa Anda gunakan untuk menghapus sisa-sisa malware ini. Lakukan secara berkala untuk mengoptimalisasikan performa HP Anda.
  3. Tidak memiliki memori eksternal
    HP lemot juga dapat disebabkan karena di HP tersebut tidak terdapat memori eksternal. Hal ini menyebabkan setiap penyimpanan akan ditujukan ke satu tempat saja yakni memori internal. Jika Anda membagi tempat penyimpanan HP Anda di dua memori yang berbeda, performa HP lemot niscaya dapat teratasi.
  4. Data Cache yang Menumpuk
    Data cache dapat menghabiskan cukup banyak ruang penyimpanan. Jika dibiarkan menumpuk, data ini akan semakin membuat HP lemot. Bersihkan data cache secara berkala karena data ini akan selalu bertambah seiring penggunaan aplikasi di HP Anda. Bagi pengguna Android, Anda dapat membersihkan data cache ini di menu Settings.
  5. Menggunakan Wallpaper Animasi dan Widget secara Berlebihan
    Menggunakan wallpaper dan widget yang canggih memang dapat membuat tampilan HP menjadi lebih menarik. Namun, penggunaannya membutuhkan CPU, grafik, dan tentunya memori HP Anda. Jika ingin meningkatkan performa HP Anda, sederhanakan tampilan layarnya. Cara ini juga bahkan dapat memperpanjang masa pakai daya HP Anda.

Itu dia alasan kenapa HP lemot. Sedikit tips untuk menjaga performa HP Anda ke depannya, isilah daya HP Anda secara cukup dan tidak berlebihan. Segera cabut charger apabila daya HP Anda telah terisi penuh. Semoga bermanfaat!

Kontributor : Theresia Simbolon

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS