Serangga Terbesar di Laut Indonesia Ditemukan

Yazir Farouk | Lintang Siltya Utami
Serangga Terbesar di Laut Indonesia Ditemukan
Bathynomus [livescience]

Disebut sebagai Darth Vader of the Seas karena mungkin bentuk kepala hewan itu yang menyerupai helm Sith Lord dalam film Stars Wars.

Suara.com - Para ilmuwan menemukan makhluk laut mirip serangga yang dapat tumbuh hingga sebesar anak anjing di laut Indonesia. Serangga ini disebut paling besar yang pernah dilihat.

Krustasea ini dikenal sebagai isopoda dan ukurannya dapat berkisar dari hanya beberapa milimeter hingga hampir 20 inci.

Dari isopoda penghuni laut, genus Bathynomus merupakan spesies terbesar dan penemuan kali ini merupakan spesies Bathynomus terbesar yang pernah dilihat di alam liar.

Dinamakan Bathynomus raksasa, hewan laut ini berukuran rata-rata sekitar 13 inci. Ini adalah spesies isopoda raksasa baru pertama yang dideskripsikan dalam lebih dari satu dekade dan merupakan yang pertama dari raksasa isopoda yang ditemukan di perairan dekat Indonesia.

Baca Juga: Tak Cuma Bikin Gatal, Gigitan 4 Serangga Ini Bisa Bahaya bagi Kesehatan!

Menurut National Oceanic and Atmospheric Administration, baik berukuran atau kecil, semua isopoda memiliki banyak fitur tubuh, seperti empat set rahang, mata majemuk, dua set antena, dan tubuh tersegmentasi menjadi tujuh bagian dengan masing-masing memiliki sepasang kaki sendiri.

Dari enam belas spesies Bathynomus yang dideskripsikan sebelumnya, tujuh di antaranya dianggap "super raksasa" dengan dewasa berukuran lebih dari 6 inci dan tumbuh menjadi 12 inci atau lebih, menurut penelitian yang dipublikasikan di jurnal Zookeys pada 8 Juli.

Para ahli mengidentifikasi Bathynomus raksasa selama Ekspedisi Keanekaragaman Hayati Laut Dalam Selatan Jawa, di mana para ilmuwan berhasil mengumpulkan dua spesimen, yaitu jantan dan betina di lepas pantai selatan Jawa, tepatnya di kedalaman laut antara 950 dan 1.260 meter.

Bentuk unik dari pelindung kepala dan segmen perut Bathynomus raksasa serta sejumlah besar duri di perutnya menunjukkan bahwa makhluk raksasa itu adalah spesies yang baru.

Selama ekspedisi tahun 2018, para ilmuwan sangat antusias untuk menemukan isopoda Bathynomus laut dalam, sebuah genus yang terkadang disebut sebagai Darth Vader of the Seas karena mungkin bentuk kepala hewan itu yang menyerupai helm Sith Lord dalam film Stars Wars.

Baca Juga: Nyamuk Pembawa Virus West Nile Terdeteksi di New York AS

Setelah menemukan jenis isopoda itu, Museum Sejarah Alam Kong Chian mengunggah foto di Instagram tahun lalu yang memperlihatkan spesialis koleksi museum dan anggota ekspedisi Muhammad Dzaki Bin Safaruan mengangkat isopoda raksasa saat berada di kapal penelitian Indonesia Baruna Jaya VIII.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS