Lokasi Pendaratan Misi Artemis Bisa Berdekatan dengan Apollo

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Lokasi Pendaratan Misi Artemis Bisa Berdekatan dengan Apollo
Ilustrasi astronot di Bulan. [NASA]

NASA mengatakan bahwa pengiriman misi Artemis pertama ke Bulan bisa menargetkan lokasi lain selain Kutub Selatan Bulan.

Suara.com - NASA mengatakan bahwa pengiriman misi Artemis pertama ke Bulan bisa menargetkan lokasi lain selain Kutub Selatan Bulan. Hal itu diungkap Administrator NASA Jim Bridenstine, pada pertemuan online Lunar Exploration Analysis Group (LEAG), Senin (14/9/2020).

Dia mengatakan bahwa mungkin ada manfaat untuk mengirim misi ke wilayah ekuator Bulan, termasuk di sekitar lokasi pendaratan Apollo.

"Jika Anda akan pergi ke wilayah ekuator lagi, apa yang paling banyak Anda pelajari? Anda bisa berargumen bahwa akan belajar paling banyak, dengan pergi ke tempat-tempat di mana kami memasang peralatan di masa lalu," kata Bridenstine, mengacu pada peralatan yang ditinggalkan di lokasi pendaratan Apollo.

Bridenstine menambahkan bahwa mungkin ada penemuan ilmiah di sana dan inspirasi untuk kembali ke situs Apollo asli akan sangat menakjubkan.

Baca Juga: NASA Tunjuk Astronot Perempuan Pertama yang Akan Berangkat ke Bulan

Roket Program Artemis, RS-25. [NASA]
Roket Program Artemis, RS-25. [NASA]

NASA telah berusaha untuk mengirim manusia ke Bulan di wilayah Kutub Selatan, di mana endapan es air yang diduga ada di sana memiliki kepentingan ilmiah dan dapat menyediakan sumber daya untuk mendukung eksplorasi manusia.

Pendaratan di Kutub Selatan adalah tujuan yang ditetapkan oleh Wakil Presiden Mike Pence dalam pidatonya pada Maret 2019, di pertemuan Dewan Antariksa Nasional yang meminta NASA untuk meningkatkan pendaratan manusia.

"NASA sudah tahu bahwa kutub selatan Bulan sangat bagus dari segi nilai ilmiah, ekonomi, dan strategis, tapi sekarang saatnya berkomitmen untuk ke sana," kata Pence dalam sambutannya.

Namun, pernyataan Bridenstine menunjukkan bahwa agensi mungkin mempertimbangkan kembali rencana tersebut. Pendaratan di Kutub lebih menantang secara teknis dan belum ada misi manusia atau robot yang berhasil mendarat di dekat kutub utara atau selatan Bulan.

Meski begitu, robot pendarat komersial, yang menjalankan misi untuk program Commercial Lunar Payload Services NASA, dijadwalkan mendarat di dekat kutub selatan sebelum pendaratan Artemis 3.

Baca Juga: Pandemi Covid-19 Memperburuk Keamanan Siber NASA

Melihat kendala tersebut, Bridenstine menganggap pendaratan di kutub selatan Bulan jauh dari jangkauan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS