Cara Backup Pesan WhatsApp

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Cara Backup Pesan WhatsApp
Ilustrasi aplikasi WhatsApp. [Shutterstock]

Anda dapat selalu mencadangkan pesan di WhatsApp di cloud dan ini sepenuhnya gratis.

Suara.com - Data-data di dalam WhatsApp sangat penting jika ponsel pengguna rusak atau hilang, sehingga sangat dianjurkan bagi pengguna melakukan backup atau mencadangkan data sebelum hal itu terjadi.

Sayangnya, WhatsApp tidak secara otomatis mencadangkan data. Namun, pengguna dapat selalu mencadangkannya di cloud dan ini sepenuhnya gratis.

Dilansir dari Android Authority, Jumat (25/9/2020), berikut cara backup pesan di WhatsApp:

1. Cara mencadangkan WhatsApp

Baca Juga: Cara Memblokir dan Membuka Blokir di WhatsApp

Jika pengguna khawatir tentang mencadangkan file WhatsApp, jangan khawatir bahwa file tersebut sudah dicadangkan di ponsel. Aplikasi ini secara otomatis membuat cadangan lokal setiap malam, selama ponsel terhubung ke WiFi dan memiliki penyimpanan dan masa pakai baterai yang cukup. Karena itu, hanya cadangan cloud yang akan melindungi pengguna jika ponsel rusak atau hilang.

Ilustrasi penggunaan WhatsApp. [Shutterstock]
Ilustrasi penggunaan WhatsApp. [Shutterstock]

Membantu hal ini, WhatsApp memiliki fungsi bawaan untuk mencadangkan semua pesan dan media ke cloud melalui Google Drive. Ini dapat dijadwalkan untuk berjalan secara otomatis setiap hari, minggu, atau bulan, dengan opsi tambahan untuk mencadangkan secara manual kapanpun yang pengguna inginkan.

Untuk melakukan pencadangan di WhatsApp, ketuk tiga titik di kanan atas > Settings > ketuk Chats > klik Chat backup di bagian bawah. Konfigurasikan pengaturan cadangan WhatsApp pengguna.

Di bagian atas layar, pengguna akan melihat kapan cadangan WhatsApp dibuat, ditambah opsi untuk langsung mencadangkannya. Pastkan melakukan cadangan menggunakan WiFi jika memungkinkan, karena media pencadangan dapat menghabiskan banyak data seluler.

Di bagian bawah, pengguna dapat memilih Akun Google yang ingin pengguna cadangkan, frekuansi backup, dan pengaturan lainnya.

Baca Juga: Awas! Beredar Penipuan Berkedok Facebook dan Whatsapp Istri Gubernur Kepri

Untuk saat ini, mencadangkan file atau data WhatsApp hanya bisa melalui Google Drive. Jika ponsel pengguna tidak memiliki Google Play Services seperti ponsel terbaru Huawei, pengguna mungkin tidak dapat membuat cadangan WhatsApp menggunakan metode di atas.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS