Mirip Mac, Microsoft Ciptakan Tema Rahasia Windows XP

RR Ukirsari Manggalani | Lintang Siltya Utami
Mirip Mac, Microsoft Ciptakan Tema Rahasia Windows XP
Tampilan Windows XP dengan tampilan mirip Mac [The Verge].

Terdapat banyak kemiripan antara Windows XP dengan tema Apple ini.

Suara.com - Microsoft menciptakan tema rahasia Windows XP yang membuat sistem operasi lebih terlihat seperti Mac. Kebocoran kode sumber Windows XP baru-baru ini mengungkapkan pekerjaan awal Microsoft pada sistem operasi. Juga beberapa tema yang belum dirilis buatan perusahaan itu selama pengembangan awal XP pada 2000.

Salah satunya diberi label "Candy" dan memiliki desain yang sangat mirip antarmuka Aqua Apple yang pertama kali diperkenalkan di Macworld Conference & Expo pada 2000. Meskipun temanya tidak lengkap, tombol Start Windows XP dan berbagai tombol serta elemen UI secara jelas cocok dengan tema Aqua Apple.

Microsoft tidak pernah merilis tema Aqua Apple dan tema ini digunakan pada kode sumber awal untuk OS. Pengembang Windows tampaknya telah menggunakan tema itu sebagai placeholder untuk membangun mesin tema untuk Windows XP.

Tema itu sendiri dideskripsikan sebagai "Whistler skin with eye candy" dan ditandai sebagai "hanya untuk penggunaan internal". Whistler adalah nama kode untuk Windows XP.

Baca Juga: Gandeng Microsoft, Lenovo EdVision Dukung Transformasi Digital

Tampilan tema rahasia Windows XP [The Verge].
Tampilan tema rahasia Windows XP [The Verge].

Dilansir dari The Verge pada Senin (28/9/2020), Microsoft terkenal pindah ke tema Luna biru dan hijau untuk versi terakhir XP, yang banyak dijuluki Fisher Price-esque ketika OS awalnya dirilis pada 2001. Mesin tema di Windows XP adalah pembaruan besar untuk OS, memungkinkan untuk tema pihak ketiga dan banyak penyesuaian.

Microsoft mengembangkan Windows XP pada era ketika munculnya persaingan ketat dengan Apple atas sistem operasi dekstop. Selama 1990-an dan 2000-an, Windows sangat dipengaruhi oleh Mac OS klasik dan kemudian menjadi OS X. Apple juga meminjam beberapa fitur Windows, terutama seputar navigasi, panel kontrol, dan file browsing.

Untuk saat ini, Microsoft belum memberikan komentar atas kebocoran ini dan tema Windows XP yang belum dirilis.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS