Bom Terbesar dari Perang Dunia II Meledak di Polandia

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Bom Terbesar dari Perang Dunia II Meledak di Polandia
Bom terbesar dari Perang Dunia II meledak, [Handout/Polish Navy -- 8th Coastal Defence Flotilla/AFP]

Sebuah bom terbesar dari Perang Dunia II yang pernah ditemukan, meledak.

Suara.com - Sebuah bom terbesar dari Perang Dunia II yang pernah ditemukan, meledak selama operasi defusal pada Selasa (13/10/2020). Kejadian ini merupakan upaya menjinakkan bom seberat lima ton itu di saluran dekat Laut Baltik.

Dijuluki Tallboy dan juga dikenal sebagai "bom gempa", bom itu dijatuhkan oleh Royal Air Force dalam serangan terhadap kapal perang Nazi pada 1945.

Bom terbesar ini ditemukan pada tahun lalu dan tertanam di kedalaman 12 meter, dengan bagian ujungnya yang menonjol selama pengerukan di dekat kota pelabuhan Swinoujscie, tepatnya di barat laut Polandia.

Bom itu memiliki panjang hingga enam meter dan sarat dengan 2,4 ton bahan peledak atau setara dengan sekitar 3,6 ton TNT.

Baca Juga: Tersembunyi di Kebun Buah, Petani Ini Tak Sengaja Temukan Granat PD II

Bom terbesar dari Perang Dunia II meledak, [Flotilla/AFP]
Bom terbesar dari Perang Dunia II meledak, [Flotilla/AFP]

Pengukuran setara TNT sendiri merupakan konvensi untuk menyatakan energi, biasanya digunakan untuk menjelaskan energi yang dilepaskan dalam ledakan.

Ton TNT adalah satuan energi yang ditentukan oleh konvensi tersebut sebagai 4.184 gigajoule, yang merupakan perkiraan energi yang dilepaskan dalam peledakan satu metrik ton TNT. Dengan kata lain, untuk setiap gram TNT yang meledak, 4184 joule energi dilepaskan.

Angkatan laut sebelumnya mengatakan, tidak akan menggunakan opsi tradisional ledakan terkendali karena takut menghancurkan jembatan yang terletak sekitar 500 meter.

Sebagai gantinya, mereka akan menggunakan teknik yang dikenal sebagai deflagrasi untuk membakar bahan peledak tanpa menyebabkan ledakan, menggunakan perangkat yang dikendalikan dari jarak jauh untuk menembus cangkang untuk memulai pembakaran.

"Tapi pada akhirnya proses deflagrasi berubah menjadi ledakan. Tapi tidak ada korban jiwa yang terlibat langsung dalam penjinakan ini," kata Grzegorz Lewandowski, juru bicara armada pertahanan angkatan laut Polandia yang berbasis di Swinoujscie, seperti dikutip Science Alert, Kamis (15/10/2020).

Baca Juga: Tersandung Benda Aneh di Teras, Perempuan Ini Ternyata Temukan Bom PD II

Seorang juru bicara balai kota Swinoujscie mengatakan bahwa dia belum mendengar laporan ada individu yang terluka, selama operasi oleh penyelam militer atau kerusakan yang terjadi pada infrastruktur kota.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS