alexametrics

Bikin Salut, Pengemudi Ojol Ini Viral karena Kelewat Jujur dan Baik

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Bikin Salut, Pengemudi Ojol Ini Viral karena Kelewat Jujur dan Baik
Ilustrasi ojek online (shutterstock)

Seorang pelanggan bertemu dengan pengemudi ojol yang sangat jujur dan baik dan membagikan kisahnya.

Suara.com - Kisah ini sengaja dibagikan warganet agar viral karena ia bertemu dengan pengemudi ojol yang sangat jujur dan baik. Dibagikan kembali oleh akun Twitter @kementerianunyu pada 10 November, pemilik akun mengunggah beberapa gambar tangkapan layar.

Salah satunya memperlihatkan profil salah satu pengemudi ojol yang menjadi mitra Gojek. Dalam tangkapan layar, warganet mengaku awalnya bertemu dengan pengemudi ojol bernama Sagino saat memesan sushi melalui layanan GoFood.

"Guys aku mau share foto bapak ini, biar viral. Kapokin dah aku viralin ya pak. Salah sendiri, siapa suruh bapak jadi orang baik dan jujur banget. Bapak emangnya nggak tau kalau sekarang orang jujur udah langka? Jadi gini guys, kemarin aku pesen GoFood kan, nah drivernya si bapak ini. Perusahaan Gojek sangat beruntung dapat driver seperti ini. Orang jujur sudah langka jaman now," tulis warganet.

Warganet tersebut bercerita setelah memesan sushi melalui aplikasi GoFood, ia juga meminta pengemudi ojol membeli makanan tambahan di luar aplikasi sehingga menjadi dua nota berbeda.

Baca Juga: Bikin Status Galau dari Lagu Anti Mainstream, Warganet: Mantul Juga

Postingan warganet tentang aksi driver ojol jujur. [Twitter]
Postingan warganet tentang aksi driver ojol jujur. [Twitter]

Pembelian melalui aplikasi sudah termasuk ongkos kirim menjadi Rp 288.000 dan ditambah dengan pesanan di luar aplikasi sebesar Rp 37.000, sehingga total secara keseluruhan Rp 325.000.

Namun, dikarenakan yang menerima pesanan adalah ibunya, sang ibu tidak tahu menahu tentang total jumlah pemesanan. Warganet menjelaskan bahwa seharusnya ia mendapatkan uang kembalian sebesar Rp 75.000 karena ibunya memberi uang Rp 400.000.

"Nah yang order kan aku, yang terima barang mamiku. Mami nggak tau berapa total belanjaanku. Seharusnya kembalian 75 ribu karena mami kasih duit 400 ribu," tulis warganet tersebut.

Pengemudi ojol tersebut tidak langsung memberikan uang kembalian, namun juga tidak membawa kabur sisa uang tersebut. Warganet mengaku bahwa pengemudi ojol itu pergi ke rumahnya sebanyak dua kali hanya untuk memberikan uang kembaliannya.

"Terus tadi bapaknya ke sini dong 2 kali, paginya ke sini katanya rumahnya masih ketutup jadi sore barusan dia ke sini untuk balikin kembaliannya. Baik dan jujur sekali bapak ini," tambah warganet.

Baca Juga: Belanja Sayur Pakai Bahasa Korea Campuran, Aksen Ibu-ibu Ini Bikin Ngakak

Tak hanya itu, rupanya pengemudi tersebut hanya mengembalikan uang sebesar Rp 25.000 dari total uang kembalian Rp 75.000. Meski begitu, warganet yang juga mengaku tak sadar bahwa uang kembaliannya kurang mengatakan pengemudi ojol itu kembali ke rumahnya lagi.

"Kembaliannya harusnya 75 ribu tapi si bapak salah kasih kembalian. Cuma 25 ribu, kurang 50 ribu lagi. Padahal kalau si bapak diem-diem aja, kami juga nggak sadar kalau kembaliannya kurang. Pas si bapak ke rumah, si bapak cerita kalau istrinya juga selalu ngingetin si bapak balikin uang kami," jelasnya.

Meski begitu, uang kembalian tersebut pada akhirnya diberikan kepada pengemudi ojol tersebut.

"Tapi akhirnya uangnya kami kasih si bapak aja, kami ikhlas. Si bapak baik banget dan bagi kami kejujuran itu patut diapresiasi. Si bapaknya udah tua guys, pas jalan juga agak terpincang-pincang. Tapi semangat kerja demi rejeki halal. Yang seperti ini patut dihargai," tutup warganet.

Postingan warganet tentang aksi driver ojol jujur. [Twitter]
Postingan warganet tentang aksi driver ojol jujur. [Twitter]

Menurut keterangan warganet, kejadian ini berlokasi di Bali dengan waktu pemesanan pada 6 November 2020. Unggahan yang telah dibagikan sebanyak lebih dari 2.400 kali dan disukai sebanyak lebih dari 6.000 kali oleh sesama pengguna Twitter ini pun menuai beragam komentar dari warganet.

"Doa terbaik untuk orang-orang jujur di dunia ini," tulis akun @anesaurus.

"Di antara banyaknya driver yang suka pura-pura nggak tau harus kembalian atau to the point minta kembaliannya buat dia, bapak ini memang luar biasa banget. Langka!" komentar @Kakaue2910.

Postingan warganet tentang aksi driver ojol jujur. [Twitter]
Postingan warganet tentang aksi driver ojol jujur. [Twitter]

"Terharu kalau baca ginian. Semoga bapak dan keluarga sehat selalu, panjang umur, dimudahkan rezekinya. Terima kasih sudah menjadi orang baik," tambah @aquariuswmn.

"Nah yang baik-baik gini diviralin. Jangan yang public enemy yang viral mulu. Jadi baik gampang kok," ungkap @Badarawuhi_nur.

"Ya Tuhan baik banget. Demi Allah aku malu banget sama orang begini. Maksudnya, aku yang malu. Soalnya aku masih suka nggak jujur," cuit @etuhereal.

Komentar