alexametrics

Penjelajah Baru Perseverance Berhasil Rekam Suara Selama Perjalanan ke Mars

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Penjelajah Baru Perseverance Berhasil Rekam Suara Selama Perjalanan ke Mars
Perseverance di planet Mars. [NASA]

Perseverance berhasil merekam audio suara luar angkasa dalam perjalanannya menuju Planet Merah.

Suara.com - Penjelajah Mars baru yang diluncurkan NASA pada 30 Juli, Perseverance, berhasil merekam audio suara luar angkasa dalam perjalanannya menuju Planet Merah.

Robot tersebut dilengkapi dengan mikrofon yang dirancang untuk menangkap suara saat posisi masuk, turun, dan mendarat (EDL) setelah mencapai permukaan Mars pada Februari 2021.

Jet Propulsion Laboratory (JPL) NASA merilis file audio tersebut pada Rabu (18/11/2020), yang memberikan gambaran tentang apa yang penjelajah dengar selama perjalanan antarplanet dan suara itu terdengar seperti lembut.

Suara mendesing itu berasal dari pompa fluida anti panas rover. Menurut JPL, pompa itu terletak di sisi kanan belakang Perseverance dan pompa tersebut merupakan bagian dari sistem termal penjelajah, yang akan membantu menjaga suhu operasional komponen kendaraan, bahkan pada malam musim dingin yang sangat dingin.

Baca Juga: Kurang dari 100 Hari, Perseverance Mendarat di Planet Mars

Perseverance dengan mic. [NASA]
Perseverance dengan mic. [NASA]

"Di luar angkasa, tidak ada yang dapat mendengar Anda berteriak, tetapi itu dapat mendengar pompa cairan penolakan panas," kata Dave Gruel, insinyur utama untuk subsistem EDL Camera and Microphone di JPL, seperti dikutip CNET, Jumat (20/11/2020).

Gruel menambahkan bahwa mikrofon tersebut mampu menangkap murmur pompa melalui getaran mekanis.

Tak hanya itu, NASA juga membagikan klip SoundCloud berdurasi 60 detik saat pemeriksaan sistem mikrofon dan kamera EDL Perseverance pada 19 Oktober.

Tim di balik misi Perseverance sangat senang menerima suara desingan tersebut karena itu mengindikasikan bahwa sistem mikrofon berfungsi dengan baik.

Perseverance ditargetkan mendarat di Kawah Jezero diyakini, menampung sebuah danau dan delta sungai miliaran tahun yang lalu, menjadikan wilayah tersebut tujuan yang ideal untuk Perseverance memburu sampel kehidupan di Mars.

Baca Juga: NASA Siap Bawa Pulang Sampel Batuan Mars ke Bumi

Komentar