Ingenuity, Helikopter Antarplanet Pertama Dikirim ke Planet Mars

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Ingenuity, Helikopter Antarplanet Pertama Dikirim ke Planet Mars
Planet Mars. [Shutterstock]

Perseverance akan ditemani helikopter yang disebut Ingenuity.

Suara.com - NASA mengirim penjelajah baru untuk misi Mars 2020 bernama Perseverance. Robot seukuran mobil itu akan ditemani helikopter yang disebut Ingenuity. Keduanya diluncurkan dengan roket Atlas V dari Stasiun Angkatan Udara Cape Canaveral Florida pada Kamis (30/7/2020).

Disimpan di bawah perut penjelajah, Ingenuity akan menghabiskan enam bulan ke depan dalam perjalanan menuju Mars. Misi ini dijadwalkan mendarat di Mars pada 18 Februari 2021 dan akan menjadi helikopter antarplanet pertama yang terbang melalui atmosfer planet lain.

Belum ada badan antariksa yang mencoba menerbangkan pesawat di planet lain sebelumnya. Atmosfer Mars jauh lebih tipis daripada Bumi. Artinya, ada lebih sedikit udara untuk menghasilkan daya angkat dan lebih banyak tantangan teknis untuk membuat helikopter bisa terbang.

Perseverance di planet Mars. [NASA]
Perseverance di planet Mars. [NASA]

"Menerbangkan helikopter di Mars sangat sulit. Pertama dan terpenting, atmosfer di sana sangat tipis, sekitar 1 persen dibandingkan dengan kepadatan atmosfer di Bumi. Untuk membuat kendaraan yang bisa terbang di Mars, itu harus sangat ringan dan dapat berputar sangat cepat," kata Mimi Aung, manajer proyek Helikopter Ingenuity Mars NASA, seperti dikutip dari Space.com, Senin (3/8/2020).

Ingenuity memiliki berat sekitar 1,8 kilogram dan memiliki dua bilah counter-rotating yang berukuran sekitar 1,2 meter. Kedua bilah itu harus berputar dengan kecepatan sekitar 2.400 putaran per menit. Untuk menguji helikopter, NASA mensimulasikan atmosfer Mars di ruang pengujian di Jet Propulsion Lab, California.

Helikopter Antarplanet, Ingenuity. [NASA]
Helikopter Antarplanet, Ingenuity. [NASA]

Ingenuity sebenarnya hanyalah misi eksperimental. Tujuan utamanya adalah untuk menguji penerbangan bertenaga di Mars dan jika sukses, ini dapat membentuk masa depan eksplorasi di Mars.

Di sisi lain, Ingenuity juga akan membantu Perseverance mengintai medan Mars dan membantu merencanakan rute mengemudi. Dengan pandangan udara yang sama, helikopter ini juga dapat digunakan untuk mempelajari geologi Planet Merah dari perspektif yang berbeda dan membantu para astronot menjelajahi Mars suatu hari nanti.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS