alexametrics

Dable dan Arkadia Digital Media Rekomendasikan Konten yang Dipersonalisasi

Fabiola Febrinastri
Dable dan Arkadia Digital Media Rekomendasikan Konten yang Dipersonalisasi
Kerja sama Arkadia Digital Media dan Dable. (Dok : Arkadia Digital Media)

Dable berkembang pesat melalui kemitraan yang terjalin dengan lebih dari 200 media premium di Indonesia.

Suara.com - Dable, platform penelusuran konten (content discovery platform) nomor satu di Asia, menjalin kemitraan dengan PT Arkadia Digital Media Tbk (Arkadia Digital Media), grup media digital independen dan terpadu, yang bermula pada tahun 2019 dengan Suara.com dan dilanjutkan ke situs-situs lainnya pada tahun 2020.

Lewat kemitraan ini, Dable menyajikan solusi rekomendasi konten yang dipersonalisasi "Dable News" di berbagai portal berita yang dikelola Arkadia Digital Media, yakni Suara.com, Matamata.com (selebritas dan hiburan), Bolatimes.com (sepak bola dan olahraga), Hitekno.com (teknologi dan gawai), Dewiku.com (gaya hidup wanita), Mobimoto.com (otomotif dan balap otomotif), Guideku.com (liburan dan makanan & minuman), dan Himedik.com (kesehatan dan medis).

Dable, berbasis di Korea Selatan, adalah perusahaan teknologi media (media tech) yang didukung teknologi big data dan personalisasi kelas dunia. Dable menyajikan rekomendasi konten yang dipersonalisasi dengan menganalisis perilaku dan minat pengunjung situs serta konten yang dikonsumsi individu secara real-time.

Dable membantu pengunjung situs untuk menikmati lebih banyak konten dan tinggal lebih lama di situs web milik penerbit media lewat widget Dable, seperti "Konten yang mungkin Anda sukai", "Berita Rekomendasi" atau "Berita Terkait".

Baca Juga: Gelar RUPSLB, Arkadia Digital Media Lakukan Pemecahan Saham

Dable menawarkan peluang kepada penerbit media untuk menghasilkan pendapatan tambahan. Melalui "Dable News", Dable menarik minat pengunjung situs lalu menampilkan "Dable Native Ad" yang menyajikan iklan dengan user interface yang menyerupai artikel pada widget yang direkomendasikan.

Tidak seperti iklan native lain yang membombardir pengunjung situs dengan berbagai iklan, Dable Native Ad bekerja lebih optimal karena menayangkan iklan berdasarkan minat pengunjung situs tanpa mengganggu pengalaman membaca pengunjung. Jika pengunjung situs membaca artikel tentang perjalanan wisata, maka pengunjung tersebut akan menemukan iklan tiket pesawat.

Penerbit media juga dapat menganalisis data melalui dasbor Dable yang tersedia untuk mitra media. Penerbit dapat memeriksa log pada situs web mereka, dan berbagai statistik yang ikut meningkatkan daya saingnya.

Dasbor Dable tidak hanya menyediakan CTR Center yang menampilkan Content Center, Traffic Center, dan Recommendation Center, namun juga berbagai statistik artikel seperti, jumlah pengunjung, sumber traffic, "Peringkat Konten Populer" (Popular Content Ranking), "Konten Populer berdasarkan Jumlah Pembaca" (Popular Content by Visitors), dan "Konten yang Dibaca dengan Seksama" (Perused Content).

"Kami berharap Dable dapat meningkatkan kepuasan pengguna dengan menyajikan berita dan informasi yang bermutu. Kami juga ingin meningkatkan pengaruh Arkadia Digital Media di pasar melalui berbagai data statistik dan analisis yang disediakan Dable," ujar Bram Bravo, Digital Ad Ops & Programmatic Manager, Arkadia Digital Media.

Baca Juga: Gelar RUPSLB, Arkadia Digital Media Lakukan Pemecahan Saham

"Dable merupakan platform native ad yang sangat menguntungkan. Selain menambah pendapatan dari iklan, platform article machine learning Dable ikut memperpanjang waktu kunjungan pembaca Suara.com. Selain itu, kami juga dapat menyesuaikan desain dan format agar tampilannya sesuai dengan beberapa domain vertikal kami," tambahnya.

Komentar