alexametrics

Drone Rp 21 Juta Miliknya Hilang, Turis Ini Nekat Menyusuri Pulau Terpencil

Arief Apriadi | Lintang Siltya Utami
Drone Rp 21 Juta Miliknya Hilang, Turis Ini Nekat Menyusuri Pulau Terpencil
Ilustrasi drone. (Pixabay/Powie)

Menurut keterangan lokasi, drone tersebut jatuh di Koh Phi Phi Don, pulau dengan panjang 8 kilometer dan lebar 3,5 meter di Thailand.

Suara.com - Seorang turis asing tak sengaja menjatuhkan drone DJI Mavic 2 Pro miliknya senilai 1.500 dolar AS atau sekitar Rp 21 juta di pulau terpencil. Tak ingin merelakannya begitu saja, ia berniat melakukan misi penyelamatan dengan mencari drone tersebut.

Dalam video dokumentasi yang dibuatnya, turis dengan nama akun YouTube Brooke on Foot mengunggah rekaman berdurasi 8 menit 33 detik. Menurut keterangan lokasi, drone tersebut jatuh di Koh Phi Phi Don, pulau dengan panjang 8 kilometer dan lebar 3,5 meter di Thailand.

Tak membawa peralatan yang memadai, ia nekat memanjat tebing pada pulau tersebut dan bahkan menciderai tangannya hingga berdarah dan tersengat lebah karena medan yang tak bersahabat. Tak hanya itu, ia juga mengaku tidak memiliki persediaan air minum.

Setelah memanjat lebih dari dua jam, turis tersebut belum juga menemukan drone miliknya. Dia mengalami masalah karena lokasi jatuhnya drone tidak sesuai dengan peta yang ditunjukan aplikasi DJI.

Baca Juga: Video Drone Detik-detik Bangunan Dibakar di Wisconsin

Selain itu, ia juga tidak bisa mencari drone dengan fitur suara alarm karena fitur tersebut hanya akan berfungsi jika drone dalam keadaan menyala dan memiliki simpanan daya. Drone miliknya diketahui telah tiga hari berada di pulau tersebut dan dipastikan kehabisan baterai.

"Brooke on Foot merekam video dengan drone DJI Mavic 2 Pro senilai 1.500 dolar AS jatuh di pulau kecil ini. Dia dengan bebas memanjat dinding tebing untuk mencarinya," tulis Boingboing.net, seperti dikutip pada Sabtu (12/12/2020).

Meski begitu, pada akhirnya ia berhasil menemukan drone yang hilang dalam keadaan rusak dimana salah satu baling-balingnya yang tampak patah. Bagian bawah drone juga tergores.

"Saya menabrakan drone saya di pulau kecil di lepas pantai terpencil di Thailand. Saya sendirian mendaki tebing untuk mencari drone saya. Itu adalah usaha besar dan petualangan yang tak terlupakan," tulis Brooke on Foot dalam kolom keterangan pada unggahan videonya.

Ia mengaku dalam kolom komentar, meskipun dronenya penyok, tergores, dan baling-baling rusak, tetapi barang miliknya itu masih bisa diperbaiki dan berfungsi.

Baca Juga: Pesawat Presiden Amerika Serikat Donald Trump Nyaris Tabrak Drone

Video yang telah dilihat sebanyak lebih dari 677.100 penayangan itu pun menuai beragam komentar dari warganet. Tak sedikit yang memuji aksinya memanjat tebing demi mendapatkan kembali drone.

Komentar