alexametrics

Ikut Keroyok TikTok, Reddit Akuisisi Dubsmash

Liberty Jemadu | Dicky Prastya
Ikut Keroyok TikTok, Reddit Akuisisi Dubsmash
Ilustrasi Reddit (Shutterstock).

Dubsmash kini adalah aplikasi terpopuler kedua di AS, di bawah TikTok.

Suara.com - Perusahaan jejaring sosial Reddit mengumumkan telah mengakuisisi aplikasi video pendek yang juga saingan TikTok, Dubsmash. Langkah Reddit ini diyakini adalah upaya untuk ikut bermain di segmen aplikasi video pendek mirip TikTok.

"Kami sangat senang mengumumkan bahwa Reddit telah mengakuisisi platform sosial video pendek Dubsmash," jelas Reddit dalam laman resmi, Selasa (15/12/2020).

Dalam kesepakatan akuisisi, Reddit tetap memberikan kebebasan untuk Dubsmash dalam mempertahankan platform dan mereknya sendiri. Namun inovasi tools video dari Dubsmash akan diintegrasikan ke Reddit.

Menurut Reddit, pengguna Dubsmash sendiri berasal dari kalangan muda yang beragam. Sebanyak 25 persen dari pengguna aplikasi terdiri dari remaja kulit hitam di Amerika Serikat. Kemudian 70 persen lainnya pengguna Dubsmash berasal dari kalangan wanita.

Baca Juga: Ampun Bang Jago, Pretty Real, dan Lathi Jadi Lagu Terpopuler di TikTok 2020

Kemudian, sekitar 30 persen pengguna menggunakan Dubsmash setiap hari untuk membuat konten video. Reddit melanjutkan, platform tersebut memungkinkan dapat menayangkan lebih dari satu miliar penayangan video per bulannya.

“Dubsmash mengangkat kreator yang kurang terwakili, sementara Reddit menumbuhkan rasa kebersamaan dan memiliki ribuan topik dan minat yang berbeda. Jelas bahwa misi kami selaras untuk fokus pada komunitas agar dapat hidup berdampingan," jelas CEO Reddit, Steve Huffman.

Di sisi lain, Dubsmash sendiri masuk dalam aplikasi video pendek terpopuler di Amerika Serikat. Menurut data dari App Annie, aplikasi ini menempati peringkat kedua setelah aplikasi pesaingnya dari China, TikTok.

Mengutip The Verge, Dubsmash telah memiliki 52 juta pengguna aktif di platformnya yang setiap hari membuat konten video pendek.

Baca Juga: Video Duet TikTok Terpopuler 2020: Kopi Dangdut dan Bahasa Kalbu Raisa

Komentar