alexametrics

Cara Menonaktifkan Iklan di Ponsel Samsung

RR Ukirsari Manggalani | Lintang Siltya Utami
Cara Menonaktifkan Iklan di Ponsel Samsung
Samsung Galaxy S21 Ultra. Sebagai ilustrasi produk-produk Samsung Galaxy [Samsung Indonesia]

Agar tidak mengganggu, iklan bisa dinonaktifkan di peranti Samsung Galaxy. Begini caranya.

Suara.com - Model Samsung Galaxy yang dirilis beberapa tahun terakhir masih memiliki beberapa iklan di baki pemberitahuan dan aplikasi Samsung tertentu.

Namun untungnya, pengguna Samsung masih dapat menonaktifkan iklan sehingga tidak mengganggu penggunaan perangkat. Dilansir dari Android Central, berikut cara menonaktifkan iklan di ponsel Samsung:

(Sumber: Shutterstock)
Ilustrasi  menghentikan iklan ( Shutterstock)

1. Cara menghentikan iklan yang disesuaikan

  • Pertama, buka aplikasi Pengaturan di ponsel > gulir ke bawah > klik opsi Privasi > klik menu Layanan Kustomisasi > ketuk pada toggle di sebelah Customized Ads dan pemasaran langsung hingga nonaktif.
  • Setelah dinonaktifkan, Samsung tidak lagi dapat menggunakan lokasi dan teks untuk menayangkan iklan yang disesuaikan di ponsel pengguna. Meskipun iklan dalam aplikasi tidak akan dinonaktifkan sepenuhnya, setidaknya kemunculan iklan akan dibatasi.
  • Proses serupa juga berfungsi untuk model Samsung yang lebih baru, seperti Galaxy S21 yang menjalankan One UI 3.

2. Cara menonaktifkan info pemasaran di aplikasi Samsung

Baca Juga: Lolos Sertifikasi, Ini Bocoran Teranyar Samsung Galaxy Book Pro

  • Langkah lain yang dapat pengguna lakukan untuk membatasi iklan adalah membuka aplikasi Samsung secara individual dan menonaktifkan toggle pemasaran atau promosi dalam aplikasi.
  • Pertama, buka aplikasi Samsung pihak pertama, misalnya Samsung Pay. Lalu ketuk ikon menu tiga garis di kiri atas layar > klik Pengaturan > ketuk toggle di sebelah informasi pemasaran untuk menonaktifkannya.
  • Jika toggle itu dinonaktifkan, aplikasi Samsung yang berkaitan tidak akan lagi dapat mengirimi pengguna pemberitahuan dan email pemasaran.

3. Cara menonaktifkan pemberitahuan promosi

  • Selain iklan dalam aplikasi, Samsung juga memunculkan iklan dalam bentuk notifikasi push, baik itu Samsung yang mempromosikan salah satu produk barunya atau kesepakatan merek Samsung Pay dengan pengecer.
  • Untuk menonaktifkan notifikasi seperti itu, buka aplikasi Pengaturan di ponsel > klik opsi Notifikasi > klik Lainnya > ketuk menu Terbaru di bagian atas > ketuk opsi Semua > gulir ke bawah dan ketuk Galaxy Store > ketuk pada toggle di sebelah opsi Promosi untuk menonaktifkannya.
  • Pengguna dapat kembali ke daftar aplikasi dan ketuk opsi Samsung Pay > gulir ke bawah > ketuk pada toggle Tampilkan Pemberitahuan di bawah Promosi.
  • Lalu kembali lagi ke daftar aplikasi dan pilih Samsung Push Service > ketuk pada toggle di sebelah Tampilkan Pemberitahuan.
  • Ketiga aplikasi yang mencakup Galaxy Store, Samsung Pay, dan Samsung Push Service adalah tiga aplikasi yang paling sering memunculkan pemberitahuan iklan. Dengan menonaktifkannya, pengguna tidak akan merasa terganggu saat menggunakan perangkat.

Komentar