alexametrics

Raup Rp2,5 Miliar per Bulan, Geshin Impact Game Seluler Sukser Nomor Tiga

RR Ukirsari Manggalani | Dicky Prastya
Raup Rp2,5 Miliar per Bulan, Geshin Impact Game Seluler Sukser Nomor Tiga
Geshin Impact. [Mihoyo]

Posisinya top, di bawah Honor of Kings dan PUBG Mobile dari Tencent.

Suara.com - Sejak diluncurkan pada 28 September 2020, Genshin Impact menjadi salah satu game tersukses di dunia. Selama lima bulan pertama, game buatan MiHoYo ini telah meraup pendapatan hingga 874 juta dolar Amerika Serikat (AS) atau Rp12,5 triliun.

Menurut laporan firma riset aplikasi Sensor Tower, Minggu (7/3/2021), Genshin Impact telah menjadi game ketiga terlaris saat ini, di bawah Honor of Kings dan PUBG Mobile dari Tencent. Jika dirata-rata, Genshin Impact telah menghasilkan rata-rata 175 juta dolar AS atau Rp2,5 miliar per bulan.

Sebagai perbandingan, Honor of Kings telah meraup pendapatan hingga 1,2 miliar dolar AS atau Rp17,2 triliun. Sementara PUBG Mobile memperoleh pemasukan hingga 1,1 miliar dolar AS atau setara Rp 15,8 triliun.

Game seluler yang masuk lima besar lainnya adalah Pokemon GO dan Roblox. Pokemon GO mencatatkan pendapatan hingga 651 juta dolar AS atau Rp 9,3 triliun. Sedangkan Roblox berhasil mendapatkan pemasukan 579 juta dolar AS atau Rp8,3 triliun.

Baca Juga: Unik Banget, Sony Ajukan Paten Kontroler Game dari Buah Pisang!

Diagram pertumbuhan games sedunia, antara 28 September 2020 - 28 Februari 2021 [scereenshot SensorTower.com]
Diagram pertumbuhan games sedunia, antara 28 September 2020 - 28 Februari 2021 [screenshot SensorTower.com]

China menjadi negara terbanyak yang menyumbangkan pendapatan Genshin Impact, nilai total 253 juta dolar AS atau Rp3,6 triliun dan persentase 29 persen dari keseluruhan pendapatan global.

Sementara Jepang menempati peringkat kedua, memiliki pengeluaran 237 juta dolar AS atau Rp3,4 triliun dan persentase 27 persen. Di posisi ketiga ada pemain dari Amerika Serikat yang menyumbangkan sekitar 162 juta dolar AS atau Rp 2,3 triliun dengan persentase 18,5 persen dari total pendapatan keseluruhan.

App Store menjadi platform yang menyumbang sebagian besar pengeluaran pemain dengan perolehan 521 juta dolar AS atau hampir 60 persen dari total pendapatan. Sementara Google Play menyumbang sekitar 352 juta dolar AS dan persentase 40 persen.

Kesuksesan Genshin Impact ini juga menjadikannya sebagai game terpopuler menurut Google Play Store. Genshin Impact telah diunduh lebih dari 10 juta kali di platform itu.

Selain versi seluler, Genshin Impact juga telah tersedia di beberapa platform lain termasuk PC hingga PlayStation 4 (PS4).

Baca Juga: Tinggalkan ONIC, Matthew Gabung Tim PUBG Mobile Alter Ego

Komentar