alexametrics

Samsung: Teknologi 5G di Indonesia Tinggal Tunggu Pemerintah

Liberty Jemadu | Dicky Prastya
Samsung: Teknologi 5G di Indonesia Tinggal Tunggu Pemerintah
Samsung Galaxy S21. [Jung Yeon-je/AFP]

Samsung telah memiliki beberapa ponsel dengan teknologi jaringan 5G.

Suara.com - Implementasi jaringan 5G menjadi salah satu hal yang ditunggu-tunggu masyarakat Indonesia. Taufiqul Furqan selaku Product Marketing Manager Samsung Mobile, Samsung Electronics Indonesia mengatakan, cepat atau lambat jaringan 5G akan segera muncul di Indonesia.

"Kita semua tahu jaringan 5G akan segera masuk, cepat atau lambat. Kini hanya tinggal menunggu pemerintah dalam menerapkan aturan 5G, termasuk spektrum," kata Taufiq dalam konferensi pers virtual, Selasa (9/3/2021).

Sebagai produsen smartphone, Samsung saat ini telah mengeluarkan perangkat yang mendukung jaringan 5G. Ponsel tersebut adalah seri Galaxy S21 yang diluncurkan pada pertengahan Januari lalu.

Menurut Taufiq, seri Galaxy S21 ini sudah memiliki teknologi yang akan menerapkan jaringan 5G dalam frekuensi apapun. Jika pemerintah sudah menghadirkan jaringan tersebut, maka Galaxy S21 tinggal menerapkan pembaruan untuk menyesuaikan teknologinya.

Baca Juga: Telkomsel: Ekosistem dan Spektrum Kendala Penerapan 5G di Indonesia

"Kesiapan device, kita memang sudah 5G ready. Namun masih kendala di software. Ketika jaringan datang, maka kita bakal meluncurkan update baru, termasuk unlock operator yang sudah mendukung 5G nanti," tambahnya.

Sebagaimana diketahui, Samsung hanya memiliki Galaxy S21 sebagai satu-satunya perangkat yang mendukung jaringan 5G saat ini. Namun Taufiq tak menampik bahwa perusahaan siap menghadirkan perangkat 5G lain ke Indonesia.

"Kalau sekarang memang cuma punya Galaxy S21. Tetapi ditunggu saja ke depannya terkait perangkat lain (yang mendukung jaringan 5G)," tandasnya.

Sebagai informasi, Samsung menetapkan harga resmi Galaxy S21 5G mulai dari Rp 12.999.000, Galaxy S21+ 5G mulai Rp. 15.999.000, dan Galaxy S21 Ultra 5G mulai Rp 19 juta.

Baca Juga: Bocoran Anyar Ungkap Spesifikasi Samsung Galaxy A52 5G Ini

Komentar