alexametrics

NASA Mulai Misi Pencarian Tanda Kehidupan di Dasar Danau Mars

Iwan Supriyatna | Lintang Siltya Utami
NASA Mulai Misi Pencarian Tanda Kehidupan di Dasar Danau Mars
Planet Mars. [Bruno Albino/Pixabay]

NASA memulai misi pencarian tanda-tanda kehidupan di Mars lewat penjelajah Perseverance.

Suara.com - NASA memulai misi pencarian tanda-tanda kehidupan di Mars lewat penjelajah Perseverance.

Baru-baru ini, badan antariksa tersebut berhasil menerbangkan helikopter pertama di Mars bernama Ingenuity.

Setelah Ingenuity melakukan lima uji penerbangan, penjelajah Perseverance akan mulai melakukan misi utamanya.

Dalam unggahan blog, NASA merinci beberapa gambar yang diambil oleh kamera Watson. Gambar tersebut menampilkan lengan robot penjelajah.

Baca Juga: NASA Deteksi Hujan Meteor Baru, Akan Muncul Pertama Kali Tahun Ini

Instrumen dan serangkaian kamera lain sangat penting bagi penjelajah untuk menganalisis zona pendaratan di Kawah Jezero, sebuah wilayah seluas 45 kilometer yang diyakini memiliki danau dan delta berusia miliaran tahun.

Selama misinya, Perseverance akan menjelajahi Jezero untuk mencari tanda-tanda kehidupan Mars kuno sekaligus mengumpulkan dan menyimpan lusinan sampel permukaan.

NASA berharap dapat mengetahui jenis batuan apa yang ada di Jezero. Batuan sedimen dapat mengandung tanda-tanda kehidupan di masa lalu.

Jenis batuan lain yang terbentuk jauh di bawah permukaan planet akibat aktivitas vulkanik juga kemungkinan berada di Jezero.

Dilansir dari CNET pada Kamis (13/5/2021), Perseverance akan ditugaskan untuk menggiling potongan batu dengan lengan robotiknya untuk menentukan komposisi batuan di kawah.

Baca Juga: Puing Roket Jatuh, NASA Kritik China Lalai!

Instrumen lain bernama Sherloc pada lengan penjelajah juga mampu menganalisis bahan kimia dan mineral yang terkandung dalam batuan tersebut.

Sementara itu, pengembalian sampel ke Bumi dijadwalkan pada awal tahun 2031. Perseverance ditargetkan untuk mengumpulkan sekitar 40 sampel dari Kawah Jezero.

Komentar