alexametrics

Akhirnya, Vaksin Sinovac Kantongi Izin Darurat dari WHO

Liberty Jemadu
Akhirnya, Vaksin Sinovac Kantongi Izin Darurat dari WHO
Septiana, salah satu bidan di RSUD Tangsel disuntik vaksin Covid-19 Sinovac, Jumat (15/1/2021). [Suara.com/Wivy]

Izin penggunaan darurat dari WHO berarti vaksin Sinovac diakui keampuhan dan keamanannya.

Suara.com - Badan kesehatan dunia (WHO) pada Selasa (1/6/2021) mengumumkan telah memberikan izin penggunaan darurat untuk vaksin Sinovac dalam melawan wabah Covid-19.

Izin penggunaan darurat dari WHO itu menunjukkan keampuhan dan keamanan vaksin Sinovac sudah diakui. Selain itu, vaksin Sinovac juga bisa masuk dalam program vaksin Covid-19 global, Covax yang menyasar negara miskin.

Panel independen WHO mengatakan bahwa vaksin Sinovac direkomendasikan untuk orang dewasa berusia di atas 18 tahun. Jarak antara dosis pertama dan kedua dianjurkan antara dua sampai empat pekan.

Vaksin Sinovac, imbuh WHO, tidak memiliki batas usia paling tua. Artinya vaksin ini ampuh melindungi para manula dari Covid-19.

Baca Juga: Mudah Diingat, WHO Beri Nama Sederhana untuk Varian Covid-19

WHO mengatakan hasil penyelidikan menunjukkan vaksin Sinovac mampu mencegah gejala pada orang yang terinfeksi Covid-19 hingga 51 persen dan 100 persen ampuh mencegah penderita dirawat di rumah sakit.

Penilaian terhadap vaksin Sinovac digelar oleh tim teknis WHO sejak 5 Mei lalu. Keputusan untuk memberi izin darurat itu diambil setelah mereka mempelajari data uji klinis terkait keamanan vaksin tersebut dan praktik pembuatan vaksin tersebut.

Sinovac kini menjadi vaksin buatan Tiongkok kedua yang mengantongi izin penggunaan darurat setelah vaksin Sinopharm menerima pengakuan yang sama pada 7 Mei silam.

Adapun vaksin Sinovac kini digunakan di sejumlah negara termasuk Indonesia, Brasil, dan Turki. Sinovac sendiri mengklaim telah memasok 600 juta dosis vaksin di China dan seluruh dunia sampai akhir Mei kemarin. Sebanyak 430 juta dosis sudah digunakan. [Reuters]

Baca Juga: Indonesia Kembali Terima 8 Juta Dosis Bahan Baku Vaksin Sinovac

Komentar