alexametrics

Apple Bawa Fitur Google Lens di Kamera iPhone

Liberty Jemadu | Dicky Prastya
Apple Bawa Fitur Google Lens di Kamera iPhone
Ilustrasi iPhone. [Alexa Suter/Unsplash]

Beberapa fitur Google Lens yang nantinya akan dibawa di kamera iPhone adalah Live Text dan Visual Look Up.

Suara.com - Apple resmi membawa fitur Google Lens untuk perangkat iPhone dalam sistem operasi iOS 15. Beberapa fitur yang nantinya akan dibawa di kamera tersebut yakni 'Live Text' dan 'Visual Look Up'.

Mengutip Techradar, Kamis (10/6/2021), 'Live Text' ini merupakan cara praktis untuk mengubah tulisan tangan atau tulisan yang dicetak ke dalam bentuk digital. Apple mengatakan fitur ini akan diproses langsung dalam perangkat, bukan melalui pendekatan berbasis cloud.

Apple kemudian memperlihatkan sebuah catatan di papan tulis kantor. Kemudian, pengguna hanya tinggal mengetuk ikon baru di sudut kanan bawah aplikasi kamera.

Setelahnya, pengguna cukup mengarahkan jari mereka di atas teks untuk memindahkan tulisan tangan tersebut menjadi bentuk digital ke email ataupun aplikasi Notes.

Baca Juga: Daftar iPhone Dapat Pembaruan iOS 15 Beserta Fitur Barunya

Apple juga menyediakan fitur Live Text ini untuk foto yang sudah ada di galeri sebelumnya. Sebagai contoh, fitur ini bisa menyalin nama dan nomor telepon restoran yang menjadi latar belakang foto.

Live Text Apple juga mampu menerjemahkan tujuh bahasa seperti Inggris, China, Prancis, Italia, Jerman, Spanyol, dan Portugis. Namun ini masih kalah jauh dari Google Lens yang mampu menerjemahkan kata lebih dari 100 bahasa.

Selain Live Text, Apple juga menambahkan fitur Google Lens lain bernama 'Visual Look Up'. Fitur ini memungkinkan pengguna dapat mencari informasi yang berkaitan, seperti jenis anjing ataupun nama bunga dari foto yang diambil.

Menurut Apple, fitur ini bisa mendeteksi informasi seperti buku, seni, alam, hewan peliharaan, dan landmark. Tentu fitur ini masih kalah dibandingkan dengan yang ada di Google Lens, mengingat aplikasi tersebut sudah mengumpulkan banyak data.

Visual Look Up diyakini akan berfungsi di iPhone, iPad, dan Mac, asalkan diperbarui ke versi software terbaru. Diharapkan iOS 15 akan hadir pada September mendatang, bersamaan dengan iPhone 13.

Baca Juga: Lebih Variatif, iPhone 13 Akan Punya Warna Baru

Komentar