alexametrics

Bangun Ruang: Pengertian dan Macam-macamnya

Rifan Aditya
Bangun Ruang: Pengertian dan Macam-macamnya
Bangun Ruang: Pengertian dan Macam-macamnya - Ilustrasi bangun ruang, rubik - Mesin menyelesaikan rubik dalam waktu singkat. [YouTube/@Ben Katz]

Berikut penjelasan singkat tentang bangun ruang mulai dari pengertian hingga macam-macamnya.

Suara.com - Bangun ruang merupakan suatu bangunan yang memiliki ruang yang dibatasi oleh beberapa sisi. Dilansir dari brainly.com bangun ruang juga disebut tiga dimensi.

Beberapa contoh bangun ruang yang kerap kita temui dikehidupan sehari-hari adalah bangun ruang kubus, balok, limas, prisma, dan tabung, kerucut, bola.

Suatu bentuk dikatakan sebagai bangun ruang jika memenuhi kriteria berikut:

  • Memiliki tepi atau rusuk
  • Memiliki sudut
  • Memiliki volume
  • Memiliki sisi permukaan.

Macam-macam Bangun Ruang

Baca Juga: Jenis Benda Karya Tiga Dimensi dan Contoh di Sekitar Kita

Berikut macam-macam bangun ruang dan perbedaannya:

1. Kubus

Kubus merupakan bangun ruang tiga dimensi yang memiliki 12 rusuk yang sama panjang. Kubus juga memiliki enam sisi permukaan dengan luas yang sama berbentuk persegi. Contoh kubus dikehidupan sehari-hari adalah aquarium, rubik, dan dadu.

2. Balok

Balok merupakan bangun ruang tiga dimensi yang memiliki enam sisi permukaan, di mana sisi-sisi yang berhadapan memiliki luas permukaan yang sama.

Baca Juga: Volume Kerucut: Rumus, Cara Menghitung dengan Contoh Soal

Dengan rusuk yang memiliki ukuran berbeda, balok memiliki ukuran panjang p, lebar l, dan tinggi t. Contoh penggunaan balik di kehidupan sehari-hari adalah lemari atau kotak sepatu

Komentar