alexametrics

Teknologi 5G di Samsung Galaxy A22 5G, Belum Bisa Digunakan

Liberty Jemadu | Dicky Prastya
Teknologi 5G di Samsung Galaxy A22 5G, Belum Bisa Digunakan
HP 5G termurah Samsung, Galaxy A22 5G, meluncur di Indonesia Jumat (25/6/2021). [Dok Samsung Indonesia]

Samsung masih menguji teknologi 5G Galaxy A22 5G dengan operator seluler Telkomsel dan Indosat.

Suara.com - Samsung akui jaringan 5G di Galaxy A22 5G masih dikunci atau belum bisa digunakan. Alasannya, perusahaan masih melakukan riset dengan berbagai pihak terkait untuk menghadirkan jaringan generasi kelima di HP 5G murah tersebut.

"Galaxy A22 5G saat ini masih dikunci jaringannya, jadi konsumen belum bisa menggunakan internet 5G," kata Irfan Rinaldi selaku Product Marketing Manager Samsung Mobile dalam konferensi pers virtual, Senin (28/6/2021).

Ia mengaku Galaxy A22 5G saat ini tengah dalam proses pengujian ke berbagai operator yang telah menyediakan jaringan 5G seperti Telkomsel dan Indosat. Pengujian ini disebut memerlukan waktu lama karena ada tahap yang harus dilalui.

"Pengujian ini enggak sekali doang, masing-masing ada tahapannya. Mulai dari uji lab, kemudian uji lapangan," tambah Irfan.

Baca Juga: Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A22 yang Baru Meluncur di Indonesia

Irfan melanjutkan, saat ini komersialisasi jaringan 5G juga masih dalam tahap yang sangat awal. Perusahaan masih menunggu semua persiapan, mulai dari peraturan, penyedia data internet atau operator, hingga pemerataan jaringan.

Akan tetapi, Irfan mengaku tetap menghadirkan HP murah 5G lewat Galaxy A22 untuk memberikan opsi ke konsumen. Ia menjelaskan, pihaknya telah melihat berbagai tipikal konsumen yang memang mau mengganti ponselnya dengan perangkat yang lebih baik.

"Kami tetap membawa Galaxy A22 5G dan LTE ini untuk memberikan opsi ke konsumen karena ada dua tipe. Pertama, mereka mesti punya HP 5G untuk dipakai dalam jangka panjang meski jaringannya belum merata. Kedua, versi LTE dihadirkan untuk konsumen yang memang mau upgrade ponselnya tanpa embel-embel 5G," jelasnya.

Lebih lanjut, Irfan memastikan Samsung akan segera menghadirkan pembaruan software dan firmware ke Galaxy A22 5G agar konsumen bisa langsung menggunakan jaringan tersebut.

"Yang pasti kami mau secepat mungkin. Internet 5G secara komersial saat ini masih ada keterbatasan titik. Jadi kami mau memberikan testimoni sebaik-baiknya agar software-nya nyaman untuk konsumen," pungkas Irfan.

Baca Juga: Ini Desain Poco M3 Pro 5G, HP 5G Murah yang Tiba Pekan Depan

Komentar