alexametrics

Sebanyak 824 Dibangun di Papua selama 2021 - 2022

Liberty Jemadu
Sebanyak 824 Dibangun di Papua selama 2021 - 2022
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate. (ANTARA/Tangkapan layar Kemkominfo TV)

Pemerintah daerah di Papua diharapkan mendukung pembangunan BTS tersebut guna memperkuat infrastruktur menuju transformasi digital.

Suara.com - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengatakan bahwa ada 824 unit Base Transceiver Station (BTS) di wilayah Papua yang akan diselesaikan pada 2021-2022 guna mendukung transformasi digital.

"Pembangunan 824 titik BTS di wilayah Papua guna mendukung Program Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) bisa menjangkau 12,5 juta masyarakat secara nasional di tahun 2021," kata Plate saat memberikan sambutan secara virtual pada pembukaan kegiatan Raja Ampat E- Festival 2021, Senin (28/6/2021).

Dia mengharapkan pemerintah daerah di Papua mendukung pembangunan BTS tersebut guna memperkuat infrastruktur menuju transformasi digital.

"Kami berharap Gubernur, Wali Kota, Bupati hingga Kepala Desa, bahkan tokoh masyarakat dan tokoh adat agar memberikan dukungan terhadap pembangunan BTS di wilayah Papua," ujarnya.

Baca Juga: Pemda NTT Diminta Dukung Pembangunan Pusat Data Nasional di Labuan Bajo

Ia mengatakan bahwa 87 persen anggaran Kemenkominfo 2021 dialokasi khusus untuk program transformasi digital yang meliputi empat sektor yakni infrastruktur digital, ekonomi digital, masyarakat digital, dan tata kelola pemerintahan digital.

Infrastruktur digital menjadi sasaran utama guna mewujudkan tiga sektor lainnya yakni ekonomi digital, masyarakat digital, dan tata kelola pemerintahan digital.

Pembangunan BTS perlu didukung oleh pemerintah daerah agar cakupan sinyal telekomunikasi dan internet dapat mendukung pencapaian target pembangunan daerah secara optimal.

"Selain itu, pemerintah daerah juga harus mendukung dengan melakukan berbagai sumber daya manusia untuk menuju masyarakat Indonesia yang cakap internet," tambah Plate.

Baca Juga: Kominfo Dalam Penjualan Data KTP dan Foto Selfie di Twitter

Komentar