alexametrics

Internet Telkomsel Masih yang Tercepat di Indonesia

Liberty Jemadu | Dicky Prastya
Internet Telkomsel Masih yang Tercepat di Indonesia
Ilustrasi logo Telkomsel pada sebuah ponsel. [Telkomsel]

Telkomsel tetap menjadi operator seluler dominan di Indonesia

Suara.com - Laporan terbaru perusahaan riset jaringan seluler, Opensignal, menyebut gelar penyedia internet tercepat di Indonesia masih dipegang oleh  Telkomsel. Operator seluler pelat merah ini unggul di kecepatan unduh, unggah, cakupan 4G, hingga streaming video.

"Telkomsel tetap menjadi operator dominan di Indonesia untuk pengalaman jaringan seluler karena memenangkan empat penghargaan Opensignal secara langsung dan menempati peringkat teratas dalam kategori penghargaan lainnya," tulis Opensignal dalam laporannya, dikutip pada Kamis (1/7/2021).

Di kategori kecepatan unduh atau download, Telkomsel telah mempertahankan posisi teratas dengan kecepatan hingga 13,4 Mbps. Di peringkat selanjutnya ada XL dengan 12,6 Mbps, Indosat dengan 12,1 Mbps, 3 (Tri Indonesia) dengan 11,1 persen, dan terakhir Smartfren dengan 6,3 Mbps.

Selanjutnya di kategori kecepatan unggah atau upload, Telkomsel jadi yang pertama dengan raihan 6,8 Mbps. Kecepatan unggah ini juga disebut naik signifikan hingga 1,1 Mbps atau 19,9 persen dari laporan sebelumnya.

Baca Juga: Poco M3 Pro 5G Bisa Beroperasi di Jaringan Internet 5G Telkomsel dan Indosat

Di bawah Telkomsel ada Indosat dengan kecepatan unggah 5,7 Mbps, XL dengan 5,6 Mbps, 3 (Tri) dengan 5,1 Mbps, dan paling akhir ada Smartfren dengan 1,2 Mbps.

Untuk video experience atau pengalaman streaming video seluler, Telkomsel juga menjadi yang terbaik dengan 62,7 poin dari skala 0-100. Sayang poin ini turun 0,1 dari laporan sebelumnya yang dikeluarkan Opensignal.

Berbanding terbalik, empat operator lainnya justru mendapatkan poin yang meningkat, meskipun masih di bawah Telkomsel. Di bawah Telkomsel ada 3 (Tri) dengan 61,7, Indosat 59,9, XL 57,3, dan Smartfren 40,1 poin.

Terakhir di kategori cakupan 4G, Indosat masih menempati posisi pertama dengan 8,5 poin, naik 0,2 dari laporan sebelumnya. Posisi selanjutnya ada XL dengan 6,2 poin, Indosat 6,1, Smartfren 5, dan 3 (Tri) dengan 4,6 poin.

Laporan Opensignal ini dikumpulkan selama 90 hari yang dimulai pada 1 Februari 2021 dan berakhir pada 1 Mei. Adapun wilayah yang diteliti melibatkan 10 area, mulai dari Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan, Nusa Tenggara, Sulawesi, Sumatera, dan Yogyakarta.

Baca Juga: Poco M3 Pro 5G Akan Bisa Gunakan Internet 5G Telkomsel

Komentar