alexametrics

Salip Jeff Bezos, Richard Branson Akan Terbang Duluan ke Luar Angkasa

Liberty Jemadu | Dicky Prastya
Salip Jeff Bezos, Richard Branson Akan Terbang Duluan ke Luar Angkasa
Sir Richard Branson, pemilik maskapai penerbangan Inggris siap ke angkasa luar [Shutterstock]

Richard Branson akan ternang ke luar angkasa pada 11 Juli, mendahului Jeff Bezos yang akan berangkat pada 20 Juli.

Suara.com - Miliarder asal Inggris, Richard Branson, mengumumkan rencana penerbangan ke luar angkasa pada 11 Juli. Jika terwujud maka Branson akan menjadi jutawan pertama yang berhasil mencapai luar angkasa, mengalahkan CEO Amazon Jeff Bezos yang berambisi ke antariksa pada 20 Juli.

Peluncuran akan dilakukan pukul 6 pagi waktu setempat dengan pesawat dari Virgin Galactic. Misi penerbangan ini akan membawa total enam kru dalam pesawat ruang angkasa VSS Unity.

Dave Mackay dan Michael Masucci akan menjadi pilot di pesawat ruang angkasa tersebut. Lalu Kepala Instruktur Astronot Beth Moses akan mengawasi penerbangan.

Lead Operations Engineer Colin Bennett akan memantau peralatan dan prosedur kabin. Kemudian Vice President of Government Affairs and Research Operations, Sirisha Bandla akan menangani pengoperasian.

Baca Juga: Umurnya 82 Tahun, Ini Sosok Pilot Wanita yang Diajak Jeff Bezos ke Luar Angkasa

Terakhir ada Sir Richard Branson yang akan mengevaluasi pengalaman sebagai astronot pribadi sekaligus miliarder yang terbang duluan dari Bezos.

"Saya benar-benar percaya bahwa luar angkasa adalah milik kita semua. Setelah lebih dari 16 tahun penelitian, rekayasa, dan pengujian, Virgin Galactic ada di garda depan industri ruang angkasa komersial baru, yang akan membuka ruang bagi umat manusia dan mengubah dunia untuk selamanya," kata Branson, dikutip dari Techcrunch, Jumat (2/7/2021).

Branson menyatakan, memiliki impian untuk membuat luar angkasa lebih mudah diakses adalah hal yang luar biasa bagi tim. Ia juga merasa terhormat untuk membentuk validasi perjalanan yang akan dilakukan astronot masa depan dan memastikan bakal memberikan pengalaman unik yang diharapkan.

Misi penerbangan ini dilakukan dengan terbang ke dalam suatu jarak ketinggian. Kemudian, VSS Unity akan terlepas dari pesawat untuk melaju hingga 80 km dari permukaan.

Jika semuanya berjalan sesuai rencana, Branson akan sedikit lebih cepat dari Bezos. Sebelumnya, CEO Amazon ini telah merencanakan penerbangan pada 11 Juli yang pada akhirnya ditunda menjadi tanggal 20.

Baca Juga: Petisi Penolakan Jeff Bezos Kembali Lagi ke Bumi Capai 100 Ribu Tanda Tangan

Komentar