alexametrics

Spek Minimum Komputer untuk Instal Windows 11

Liberty Jemadu | Dicky Prastya
Spek Minimum Komputer untuk Instal Windows 11
Ada sederet syarat spek Windows 11 yang harus dipenuhi sebuah komputer agar bisa menggunakan sistem operasi baru itu. Foto: Ilustrasi tampilan Windows 11. [Microsoft]

Microsoft memastikan hanya perangkat yang memenuhi syarat spek minimum yang sudah ditetapkan yang bisa menggunakan Windows 11. Selain itu TPM 2 harus aktif.

Suara.com - Microsoft pada Juni kemarin resmi merilis sistem operasi Windows 11 dan perusahaan memastikan bahwa hanya komputer yang memenuhi syarat spek minimum yang bisa menggunakan sistem operasi baru itu. Selain itu TPM 2 atau Trusted Platform Module 2 perangkat juga harus aktif.

Berikut syarat spek minimum untuk Windows 11 dan cara aktifkan TPM 2:

Spek Windows 11:

  1. Minimal memiliki RAM 4GB
  2. Memiliki minimal 64 GB ruang memori internal
  3. Prosesor minimal berkecepatan 1 GHz. Berikut daftar prosesor yang sudah memenuhi syarat dari tiga pabrikan chipset: Intel, AMD, dan Qualcomm.
  4. Kartu grafis yang kompatibel dengan DirectX12 dan Windows Display Driver Model (WWDM) 2.0
  5. Layar komputer minimal seluas (diagonal) 9 inci dan mendukung resolusi minimal 720p.

Khusus untuk mengecek resolusi layar, pengguna bisa membuka Settings > System > Display. Jika rekomendasi layar minimal 1280 x 720 piksel, maka perangkat bisa menginstal Windows 11.

Baca Juga: Microsoft: Syarat Spek Windows 11 Tak Bisa Ditawar

Kemudian, Windows 11 juga memerlukan Trusted Platform Module atau TPM 2.0. TPM berbentuk chip yang terpasang di motherboard untuk mengamankan enkripsi dan mengamankan hardware dari serangan siber maupun booting.

Jika tidak ada, konsumen bisa membeli TPM secara terpisah. Namun biasanya TPM otomatis tersedia di chipset Intel maupun AMD yang dirilis dalam lima atau tujuh tahun terakhir.

Intel dan AMD sudah menambahkan teknologi TPM ke produk-produk yang dirilis sejak 2013 lalu. Teknologi ini rata-rata sudah mendukung TMP 2.0.

Di Intel, teknologi ini biasanya dinamai Intel Platform Trust Technology (Intel PTT). Sementara AMD menamainya AMD Platform Security Processor (AMD PSP fTPM)

Untuk mengecek apakah laptop atau komputer kamu sudah mendukung TPM 2.0, hanya perlu ketik tpm.msc di kolom pencarian Windows 10 atau ketik di shortcut Windows+R.

Baca Juga: Tanggal Rilis Resmi Windows 11 Dibocorkan Intel

Pengguna akan diarahkan ke TPM Management on Local Computer. Jika statusnya tertulis "The TPM is ready for use", maka perangkat bisa menginstal Windows 11.

Komentar