facebook

NASA Bagikan Penampakan 3D dari Kawah Jezero Mars

Bimo Aria Fundrika | Lintang Siltya Utami
NASA Bagikan Penampakan 3D dari Kawah Jezero Mars
Pendaratan Ingenuity di Planet Mars. [NASA]

Helikopter tersebut melakukan penerbangan ke-10 pada 24 Juli dengan melayang setinggi 12 meter.

Suara.com - NASA membagikan penampakan 3D dari Raised Ridges yang berada di Kawah Jezero, Mars. Gambar ini ditangkap oleh helikopter Ingenuity yang mendarat bersama penjelajah Perseverance di Kawah Jezero pada Februari lalu.

Helikopter tersebut melakukan penerbangan ke-10 pada 24 Juli dengan melayang setinggi 12 meter. Dari sudut pandang ini, Ingenuity mampu memotret permukaan dataran rendah atau Raised Ridges di permukaan kawah.

Para ahli percaya bahwa lokasi tersebut dapat mengungkapkan petunjuk baru tentang masa lalu Mars.

"Ingenuity memungkinkan tim sains Perseverance berada di dua tempat sekaligus," kata Kevin Hand, ilmuwan di Jet Propulsion Laboratory (JPL) NASA, seperti dikutip dari Space.com pada Sabtu (7/8/2021).

Baca Juga: NASA Curiga Ada Air Tersembunyi di Bayangan Bulan

NASA Bagikan Penampakan 3D dari Kawah Jezero Mars. (NASA)
NASA Bagikan Penampakan 3D dari Kawah Jezero Mars. (NASA)

Saat ini, tim misi Perseverance berada di Crater Floor Fractured Rough, di mana penjelajah sedang mempersiapkan akuisisi sampel pertama misi di Mars. Namun pada saat yang sama, Ingenuity memberikan pratinjau terperinci dari fitur geologis menarik berjarak ratusan meter.

Dalam penerbangan ke-10, helikopter mengambil 10 foto menggunakan kamera berwarna.

Dengan data tersebut yang dikirim kembali ke Bumi, tim membuat tampilan 3D dari area Raised Ridges menggunakan dua gambar yang diambil Ingenuity selama penerbangan.

Area ini menarik minat tim Perseverance karena terdiri dari tiga retakan permukaan berbeda yang bertemu di satu titik pusat, mirip dengan retakan yang terlihat di lingkungan gurun di Bumi.

Fitur pada permukaan area tersebut menawarkan kemungkinan petunjuk tentang keberadaan air purba di daerah itu.

Baca Juga: Setahun di Mars, Penjelajah Baru NASA Bersiap Kumpulkan Sampel Pertama

"Gambar tersebut memberikan detail yang sangat bagus. Jika kita melihat lebih dekat, ditemukan garis aneh di permukaan beberapa batu. Apakah ini dibuat oleh angin ribuan tahun dan debu yang bertiup di atas batu, atau mungkin itu fitur mengungkapkan tentang keberadaan air? Kami belum tahu," tambah Hand.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar