facebook

Jenis Metode Penelitian, Selain Kualitatif dan Kuantitatif

Rifan Aditya
Jenis Metode Penelitian, Selain Kualitatif dan Kuantitatif
Jenis Metode Penelitian, Selain Kualitatif dan Kuantitatif - Ilustrasi penelitian. (Shutterstock)

Simak beberapa jenis metode penelitian yang telah dirangkum oleh Suara.com berikut ini.

Suara.com - Sebelum kita melakukan sebuah penelitian, hendaknya kita perlu mengetahui jenis-jenis metode penelitian terlebih dahulu. Oleh karena itu simak beberapa jenis metode penelitian yang telah dirangkum oleh Suara.com berikut ini.

Metode penelitian adalah cara seorang peneliti dalam mendapatkan data yang valid dalam menyusun sebuah karya ilmiah. Nantinya peneliti akan menganalisis seluruh data yang didapatkan untuk menentukan solusi dalam permasalahan peneliti.

Dilansir dari Metodologi Penelitian, Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah karya Vigih Kristanto (2018), peneliti harus mendapatkan data yang valid, reliable dan objektif.

Peneliti dapat menunjukkan ketepatan dan kesesuaian antara data dengan objek yang diteliti. Sedangkan reliable adalah untuk mengetahui konsistensi sebuah data dalam waktu tertentu dan objektif yakni terkait dengan kesepakatan atau persetujuan oleh banyak orang dalam sebuah penelitian.

Baca Juga: Tips Menulis Application Letter dan Contohnya Agar Tembus Perusahaan

Untuk mencapai tujuan penelitian yang tepat, kamu harus mengetahui apa saja metode penelitian yang dapat kita pilih terlebih dahulu. Berikut adalah jenis-jenis metode penelitian yang perlu kamu ketahui.

1.     Metode Penelitian Kualitatif

Metode penelitian kualitatif ini merupakan metode penelitian untuk meneliti pada observasi dan pengamatan sebuah objek. Metode ini sering dipakai dalam penelitian ilmu sosial dengan bentuk analisis dan kesimpulan yang bergantung pada ketajaman analisis penelitian. Teknik pengumumpulan data dilakukan dengan cara gabungan dengan menekankan makna pada generalisasi.

2.     Metode Penelitian Kuantitatif

Metode penelitian kuantitatif merupakan metode penelitian yang dipakai oleh peneliti dengan menggunakan alat ukur (instrumen) penelitian dengan analisa bersifat statistik. Oleh karena itu, penelitian kuantitatfi dinilai menjadi lebih objektif daripada penelitian kualitatif.

Baca Juga: 3 Tipe Menulis Jurnal, Mana yang Menjadi Kebiasaanmu?

3.     Metode Penelitian Survei

Metode penelitian survei ini merupakan metode penelitian yang dilakukan dengan menggunakan survei atau pengumpulan data melalui responden penelitian. Pada penelitian ini biasanya responden akan diberikan sebuah angket untuk mengisi jawaban atas pertanyaan yang diajukan oleh peneliti.

4.     Metode Penelitian Deskriptif

Metode penelitian deskriptif ini merupakan metode penelitian yang bertujuan dalam mendeskripsikan peristiwa maupun kejadian secara objektif. Penelitian ini ditujukan dalam memecahkan sebuah masalah dalam sebuah bidang.

5.     Metode Penelitian Eksperimental

Metode penelitian eksperimental merupakan metode penelitian yang bertujuan untuk melakukan sebuah percobaan untuk mengetahui hubungan sebab-akibat yang tercipta dalam sebuah variabel dan dibandingkan dengan variabel lain.

Demikian penjelasan singkat tentang jenis metode penelitian yang perlu kamu ketahui sebelum memulai sebuah penelitian.

Kontributor : Muhammad Zuhdi Hidayat

Komentar