alexametrics

Sistem Pencernaan Manusia: Tahap, Komponen dan Organ Utamanya

Rifan Aditya
Sistem Pencernaan Manusia: Tahap, Komponen dan Organ Utamanya
Sistem Pencernaan Manusia: Tahap, Komponen dan Organ Utamanya - Ilustrasi organ tubuh manusia. (Envato)

Simak penjelasan singkat tentang sistem pencernaan manusia di dalam artikel ini sampai akhir.

Suara.com - Sistem pencernaan manusia terdiri dari saluran pencernaan ditambah organ aksesori pencernaan seperti lidah, kelenjar ludah, pankreas, hati, dan kandung empedu.

Sistem pencernaan melibatkan pemecahan makanan menjadi komponen yang lebih kecil dan lebih kecil, sampai mereka dapat diserap dan berasimilasi ke dalam tubuh. Ada tiga tahap sistem pencernaan manusia: fase sefalen, fase lambung, dan fase usus.

Untuk lebih jelasnya, silahkan simak penjelasan singkat tentang sistem pencernaan manusia di dalam artikel ini sampai akhir.

Tahap Pertama Sistem Pencernaan Manusia

Baca Juga: 10 Penyakit yang Bisa Menyerang Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan manusia dimulai pada fase cephalic pencernaan. Awalnya, terjadi sekresi lambung dalam menanggapi penglihatan dan bau makanan. Tahap ini mencakup pemecahan mekanis makanan dengan mengunyah, dan pemecahan kimiawi oleh enzim pencernaan, yang terjadi di mulut.

Air liur mengandung enzim pencernaan yang disebut amilase, dan lipase lingual, disekresikan oleh kelenjar ludah dan kelenjar serosa di lidah. Enzim mulai memecah makanan di mulut. Mengunyah, di mana makanan dicampur dengan air liur, memulai proses mekanis pencernaan. Ini menghasilkan bolus yang dapat ditelan ke kerongkongan untuk masuk ke perut.

Tahap Kedua Sistem Pencernaan Manusia

Sistem pencernaan tahap kedua dimulai di perut dengan fase lambung pencernaan. Di sini makanan selanjutnya dipecah dengan mencampur dengan asam lambung sampai masuk ke duodenum, bagian pertama dari usus kecil.

Tahap Ketiga Sistem Pencernaan Manusia

Baca Juga: Bantu Sistem Pencernaan Lebih Lancar, Lakukan 5 Kebiasaan Ini!

Tahap ketiga sistem pencernaan manusia dimulai pada duodenum dengan fase pencernaan usus, dimana sebagian makanan dicerna dicampur dengan sejumlah enzim yang diproduksi oleh pankreas. Pencernaan dibantu oleh mengunyah makanan yang dilakukan oleh otot-otot mastikasi, lidah, dan gigi, dan juga oleh kontraksi peristaltik, dan segmentasi. Asam lambung, dan produksi lendir di perut, sangat penting untuk kelanjutan pencernaan.

Komentar