alexametrics

Jadwal Hari Tanpa Bayangan di Pulau Jawa yang Berlangsung Sepekan ke Depan

Liberty Jemadu
Jadwal Hari Tanpa Bayangan di Pulau Jawa yang Berlangsung Sepekan ke Depan
Jadwal hari tanpa bayangan di Pulau Jawa selama 8 - 21 Oktober 2021. Foto: Bendera Merah Putih dan Matahari di Kayu Aro Barat, Kerinci, Jambi, Jumat (28/8/2020). [ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan]

Jadwal hari tanpa bayangan di Pulau Jawa dimulai dengan Merak pada 8 Oktober dan berakhir pada 14 Oktober di Banyuwangi.

Suara.com - Hari tanpa bayangan di Jawa terjadi selama satu pekan ke depan, dimulai Jumat (8/10/2021) sampai 14 Oktober pekan depan. Selama satu minggu itu, Matahari akan tepat berada di atas Pulau Jawa.

Peneliti pada Pusat Riset Sains Antariksa Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Andi Pangerang mengatakan fenomena hari tanpa bayangan akan dimulai dari Merak, Banten pada 8 Oktober sampai di Banyuwangi, Jawa Timur pad 13 Oktober.

Berikut jadwal hari tanpa bayangan di Pulau Jawa selama sepekan ke depan:

  1. 8 Oktober 2021
    Pada hari ini, Matahari akan berada tepat di atas Merak, Serang, Banten dan Karimun Jawa.

  2. 9 Oktober
    Kota Tangerang dan beberapa kota di Jawa Barat seperti Depok, Kota Bekasi, Karawang, Indramayu dan Ibu Kota Jakarta akan mengalami hari tanpa bayangan pada Sabtu, 9 Oktober.

  3. 10 Oktober
    Hari tanpa bayangan akan terjadi di Bogor, Subang, Sumedang dan Cirebon di Jawa Barat. Selain itu di Jawa Tengah, fenomena ini akan terjadi di Losari, Tegal, Pekalongan, dan Jepara di Jawa.

  4. 11 Oktober
    Matahari akan tepat berada di atas Pelabuhan Ratu, Sukabumi, dan Bandung Jawa Barat pada 11 Oktober ini. Sementara di Jawa Tengah peristiwa ini bisa dinikmati warga Semarang, Purwodadi, dan Lasem. Sementara di Jawa Timur akan dialami mereka di Bojonegoro, Lamongan, Surabaya, Sampang, Sumenep dan Kepulauan Kangean.

  5. 12 Oktober
    Pada 12 Oktober, Matahari akan tepat berada di atas Garut Tasikmalaya, dan Banjar di Jawa Barat. Di Jawa Tengah, fenomena ini dialami oleh mereka di Majenang, Purbalingga, Wonosobo, Magelang, dan Surakarta. Di Jawa Timur fenomena ini terjadi di Madiun, Nganjuk, Jombang, dan Pasuruan.

  6. 13 Oktober
    Di 13 Oktober Matahari akan berada tepat di atas Pameungpeuk dan Pangandaran di Jawa Barat, lalu Cilacap, Kebumen, serta Wonogiri di Jawa Tengah. Terakhir fenomena ini dialami Ponorogo, Kediri, Malang, Bondowoso, Situbondo, Pacitan, dan Trenggalek di Jawa timur, dan Yogyakarta.

  7. 14 Oktober
    Pada hari terakhir ini, adalah Blitar, Kepanjen, Lumajang, Jember, dan Banyuwangi di Jawa Timur yang mengalami hari tanpa bayangan.

Demikianlah jadwal hari tanpa bayangan di Pulau Jawa selama satu minggu ke depan. Indonesia sendiri telah dilintasi Matahari sejak 6 September lalu dan akan berakhir pada 21 Oktober mendatang.

Baca Juga: Matahari Tepat di Atas Pulau Jawa Sepekan ke Depan

Komentar