alexametrics

7 Asteroid akan Melewati Bumi, Salah Satunya Sebesar Gedung Empire State

Dythia Novianty
7 Asteroid akan Melewati Bumi, Salah Satunya Sebesar Gedung Empire State
Ilustrasi sebuah asteroid sedang melintas dekat Bumi. [Shutterstock]

Asteroid besar, seukuran Gedung Empire State diperkirakan akan berada "dekat" dengan Bumi

Suara.com - Asteroid besar, seukuran Gedung Empire State diperkirakan akan berada "dekat" dengan Bumi dalam beberapa minggu mendatang.

Salah satunya akan meluncur pada Rabu malam besok (20/10/2021) waktu setempat.

Asteroid 2004 UE memiliki tingginya 1.246 kaki hanya beberapa kaki lebih pendek dari gedung pencakar langit Midtown, akan berjarak 2,6 juta mil pada 13 November mendatang.

Dari asteroid yang menuju ke arah kita, "1996 VB3", berdiameter sekitar 750 kaki, diperkirakan akan paling dekat dengan Bumi, pada jarak hanya 2,1 juta mil, menurut Pusat Objek Dekat Bumi NASA.

Baca Juga: Ambisius, UEA Akan Kirim Misi Baru ke Venus dan Sabuk Asteroid

Jaraknya dekat dibandingkan dengan tetangga terdekat kita Venus, yang berjarak 70 juta mil. Diperkirakan akan melesat dengan kecepatan sekitar 9 juta mil per detik.

Penampilan asteroid itu akan mengikuti batu ruang angkasa 2021 SM3, yang dilaporkan meluncur melewati Bumi pada Jumat mendatang (22/10/2021), dari jarak 3,5 juta mil.

Daftar asteroid mendekati Bumi. [NASA]
Daftar asteroid mendekati Bumi. [NASA]

Batu luar angkasa, yang baru ditemukan bulan lalu, memiliki diameter hingga 525 kaki, lebih besar dari Piramida Agung Giza.

Pusat mengklasifikasikan objek dekat Bumi sebagai benda yang datang "dalam jarak 120 juta mil dari Bumi."

"Ini adalah asteroid atau komet yang telah didorong oleh daya tarik gravitasi planet-planet terdekat ke orbit yang memungkinkan mereka memasuki lingkungan Bumi," menurut NASA.

Baca Juga: Pesawat Luar Angkasa NASA akan Menabrak Asteroid dengan Kecepatan 24.140 Km/Jam

Menurut para ahli, dari ukuran dan kecepatan batu ruang angkasa raksasa ini secara teoritis dapat menyebabkan kerusakan besar jika mereka menghantam Bumi.

Komentar