alexametrics

Telkomsel Masih Jadi Operator dengan Internet Tercepat di Indonesia

Liberty Jemadu | Dicky Prastya
Telkomsel Masih Jadi Operator dengan Internet Tercepat di Indonesia
Logo baru Telkomsel. [Telkomsel]

Di bawah Telkomsel ada Indosat Ooredoo atau IM3 dengan skor kecepatan 25,68. Disusul posisi tiga dengan XL Axiata dengan skor kecepatan 23,93.

Suara.com - Situs penyedia uji kecepatan koneksi internet milik Ookla, Speedtest, menobatkan Telkomsel sebagai operator seluler dengan internet tercepat di Indonesia selama kuartal tiga (Q3) 2021.

Telkomsel sendiri mendapatkan speed score berjumlah 30,49 dari skala maksimal 40, berdasarkan data yang dikutip dari situs Speedtest, Rabu (20/10/2021).

Di bawah Telkomsel ada Indosat Ooredoo atau IM3 dengan skor kecepatan 25,68. Disusul posisi tiga dengan XL Axiata dengan skor kecepatan 23,93.

Lanjut di posisi ke-4 yang ditempati Smartfren dengan skor 19,03. Sementara posisi terakhir ada Tri Indonesia (3) dengan skor kecepatan 15,52.

Baca Juga: Ketersediaan Infrastruktur 5G Penting untuk Wujudkan Industri 4.0

Speedtest juga merilis latensi masing-masing operator seluler. Latensi adalah waktu yang dibutuhkan saat data dikirim hingga sampai ke penerima.

Latensi ini dihitung dalam skala milidetik atau milisecond (ms). Semakin tinggi waktu, maka semakin lambat data diterima oleh pemilik.

Telkomsel masih di posisi pertama untuk operator dengan latensi terendah dengan 30ms. Disusul 3 Indonesia dengan 32ms dan Indosat Ooredoo dengan 36ms.

Posisi empat dan lima ditempati oleh Smartfren dan XL Axiata dengan rata-rata latensi 41ms.

Speedtest turut mengukur konsistensi kinerja internet masing-masing operator. Hasil ini ditentukan dari seberapa konsisten kecepatan download dengan minimal 5 Mbps dan kecepatan upload minimal 1 Mbps.

Baca Juga: Bendera Bintang Kejora Berkibar di Menara BTS, Telkomsel: Bukan Milik Kami

Hasilnya, Telkomsel memiliki skor konsistensi tertinggi dengan 85,7 persen. Posisi kedua adalah XL Axiata dengan skor konsistensi 82,7 persen.

Lalu posisi tiga hingga lima ditempati masing-masing Indosat Ooredoo (82,6 persen), 3 Indonesia (79,1 persen), dan Smartfren (68,2 persen).

Komentar