alexametrics

5 Manfaat Hutan bagi Kehidupan, Lengkap dengan Jenis-jenisnya

Rifan Aditya
5 Manfaat Hutan bagi Kehidupan, Lengkap dengan Jenis-jenisnya
5 Manfaat Hutan bagi Kehidupan, Lengkap dengan Jenis-jenisnya - Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Jawa Barat, termasuk kawasan konservasi yang dibuka untuk umum dengan penerapan protokol pencegahan COVID-19. (ANTARA/HO-KLHK)

Hutan menjadi sebuah instrumen kunci yang berperan penting dalam kehidupan setiap makhluk yang hidup di atas Bumi. Lalu apa saja manfaat hutan bagi kehidupan ini?

Suara.com - Hutan menjadi sebuah instrumen kunci yang berperan penting dalam kehidupan setiap makhluk yang hidup di atas Bumi. Lalu apa saja manfaat hutan bagi kehidupan ini?

Asal kalian tahu, hampir sepertiga daratan yang ada di muka bumi tertutup oleh hutan. Air minum yang kita minum dan udara yang kita hirup setiap harinya berasal dari hutan, itu termasuk manfaat hutan bagi kehidupan makhluk hidup.

Namun sebelum membahas lebih dalam tentang manfaat hutan, simak dahulu penjelasan tentang pengertian hutan berikut ini.

Definisi Hutan

Baca Juga: Tanam Mangrove di Kaltara, Jokowi: Ini akan Menjaga dari Gelombang Air laut dan Intrusi

Mengutip dalam forestdigest , definisi hutan adalah sebuah lahan terbuka yang diisi oleh beragam jenis pepohonan dan vegetasi lainnya, salah satu fungsi hutan yang dapat kita rasakan secara langsung adalah sebagai penyedia air penunjang kehidupan kita.

Manfaat Hutan bagi Kehidupan

Setelah mengetahui karaketeristik dan definisi jenis hutan yang ada, kini kita akan membahas tentang manfaat hutan bagi kehidupan, berikut adalah 5 manfaat hutan bagi kehiduoan yang dapat kita rasakan:

1.       Sumber Okisgen

Manfaat hutan yang dapat kita rasakan secara langsung adalah sebagai paru-paru dunia, hutan menjadi sumber bagi udara bersih atau oksigen yang kita rasakan setiap harinya

Baca Juga: 5 Tempat Wisata di Jakarta Background View Instagramable

Selain itu hutan juga bermanfaat sebagai tempat tinggal bagi jutaan spesies tanaman dan hewan yang hidup di bumi. Faktanya hutan juga berperan sebagai pengatur perubahan iklim yang terjadi pada berbagai daerah di belahan dunia.

Komentar