alexametrics

Proses Perkembangbiakan Generatif pada Tumbuhan

Rifan Aditya
Proses Perkembangbiakan Generatif pada Tumbuhan
Proses Perkembangbiakan Generatif pada Tumbuhan - Ilustrasi bunga poppy - (Pixabay/cocoparisienne)

Bagaimana proses perkembangbiakan generatif pada tumbuhan? Simak penjelasan pengertian perkembangbiakan generatif pada tumbuhan dalam artikel ini.

Suara.com - Reproduksi tumbuhan adalah suatu proses tumbuhan memperoleh organisme baru yang sesuai dengan induknya. Salah satunya dengan cara perkembangbiakan generatif.

Apa itu perkembangbiakan generatif? Bagaimana proses perkembangbiakan generatif pada tumbuhan? Simak penjelasan pengertian perkembangbiakan generatif pada tumbuhan dalam artikel ini.

Tujuan reproduksi (berkembang biak) untuk memperbanyak keturunan sehingga tidak punah, dengan kata lain melestarikan keturunannya. Lalu, reproduksi pada tumbuhan ada dua cara yaitu dengan perkembangbiakan vegetatif (tidak kawin) dan perkembangbiakan generatif (kawin).

Langsung saja simak mengenai perkembangiakan generatif dan serba serbinya, berikut.

Baca Juga: Mengenal 3 Organ Vegetatif Tumbuhan Beserta Fungsinya

Pengertian Perkembangbiakan Generatif

Perkembangbiakan generatif yang terjadi pada tumbuhan, disebut juga sebagai reproduksi generatif. Dapat didefinisikan bahwa perkembangbiakan generatif adalah perkembangiakan tumbuhan yang dilakukan secara seksual atau kawin.

Dalam prosesnya, perkembangiakan generatif dapat dialami oleh tumbuhan maupun hewan selama mereka memiliki alat kelamin. Kecuali, tumbuhan atau hewan tersebut memiliki faktor lain yang mengakibatkan alat kelaminnya tidak berfungsi optimal sehingga tidak dapat melakukan perkembangbiakan generatif. 

Menurut Jurnal Basicedu, perkembangbiakan generatif disebut juga perkembangbiakan secara kawin (seksual), karena ditandai adanya peleburan sel kelamin jantan dan sel kelamin betina. Proses peleburan dua sel gamet ini dinamakan pembuahan.

Pada tumbuhan biji tertutup, pembuahan didahului oleh penyerbukan, yaitu menempelnya serbuk sari ke kepala putik. Pembuahan akan menghasilkan biji. Biji tumbuhan yang jatuh di tanah atau lokasi yang cocok dapat berkembang hingga menjadi individu baru.

Baca Juga: Bukan Hewan Bukan Tumbuhan, Ini Klasifikasi Jamur dalam Ilmu Biologi

Proses Perkembangbiakan Generatif pada Tumbuhan

Komentar