alexametrics

Ditemukan Spesies Dinosaurus Baru, Berhidung Besar

Dythia Novianty
Ditemukan Spesies Dinosaurus Baru, Berhidung Besar
Spesies baru dinosaurus berhidung besar, Brightstoneous simmondsi. [Journal of Systematic Palaeontology]

Spesies dinosaurus baru berhidung besar telah ditemukan.

Suara.com - Spesies dinosaurus baru berhidung besar telah ditemukan di Isle of Wigh oleh seorang dokter yang sangat berpengalaman.

Kala itu sedang lockdown dan dia mengobrak-abrik kotak tua tulang prasejarah.

Selama satu abad terakhir, setiap tulang iguanodon yang ditemukan di pulau itu, yang dikenal sebagai salah satu daerah terkaya di Eropa untuk fosil dinosaurus, telah ditetapkan sebagai salah satu dari dua spesies.

Meskipun penemuan ini mencakup periode jutaan tahun lebih selama periode Kapur Awal (Cretaceous), semua tulang yang lebih besar dianggap milik Iguanodon bernissartensis yang ikonik.

Baca Juga: Sebanyak 28 Spesies Baru Kumbang Moncong Ditemukan di Sulawesi

Sementara fosil yang lebih ramping ditetapkan sebagai milik Mantellisaurus atherfieldensis.

Tetapi Jeremy Lockwood, seorang dokter selama 30 tahun, skeptis terhadap tradisi yang sudah berlangsung lama ini.

Lokasi penemuan spesies baru dinosaurus berhidung besar, Brightstoneous simmondsi. [Journal of Systematic Palaeontology]
Lokasi penemuan spesies baru dinosaurus berhidung besar, Brightstoneous simmondsi. [Journal of Systematic Palaeontology]

Sekarang belajar untuk gelar PhD dalam paleontologi di University of Portsmouth, ia memutuskan membuat katalog setiap tulang iguanodon Isle of Wight, di Museum Sejarah Alam London dan Museum Pulau Dinosaurus Sandown.

“Saya yakin bahwa perbedaan halus antara tulang akan mengungkapkan spesies baru, jadi saya mulai mengukur, memotret, dan mempelajari anatomi setiap tulang,” kata Dr Lockwood.

“Latar belakang saya adalah kedokteran, jadi saya telah mempelajari anatomi dan selalu terkejut dengan fakta bahwa tulang yang kita temukan pada manusia semuanya terlihat persis sama," tambahnya.

Baca Juga: Seekor Dinosaurus Tiba-tiba Muncul di Sidang Umum PBB, Sampaikan Pesan Ini

"Saya telah melihat tulang dinosaurus yang dilaporkan berasal dari spesies yang sama, tetapi saya bingung mengapa mereka terlihat sangat berbeda," ujar dia dilansir laman Independent, Senin (15/11/2021).

Komentar