alexametrics

Instagram Stories Bakal Diperpanjang Jadi 1 Menit

RR Ukirsari Manggalani | Dicky Prastya
Instagram Stories Bakal Diperpanjang Jadi 1 Menit
Instagram Stories [Shutterstock]

Masih uji coba, video bisa diberi efek dan musik.

Suara.com - Instagram meluncurkan uji coba video Stories menjadi 60 detik atau satu menit. Dengan ini, durasi video Instagram Stories tak lagi dibatasi 15 detik seperti sebelumnya.

Fitur ini pertama kali ditemukan oleh analis media sosial Alessandro Paluzzi sejak bulan lalu. Kini durasi 60 detik Instagram Stories mulai diuji ke sebagian pengguna.

"Memperkenalkan Stories yang lebih panjang. Video hingga 60 detik tidak lagi dipecah menjadi beberapa segmen. Sekarang Anda dapat menambahkan musik dan efek di video," tulis Instagram dalam kolom pop-up yang disebar ke beberapa pengguna, dikutip dari Social Media Today, Senin (29/11/2021).

Instagram pun turut mengkonfirmasi durasi panjang itu. Menurut platform, durasi Stories yang diperpanjang ke 60 detik memang sangat diminta oleh pengguna Instagram.

Baca Juga: Wali Kota Bandar Lampung Tampung Aspirasi Masyarakat Lewat Siaran Langsung Instagram

Instagram. [Shutterstock]
Instagram. [Shutterstock]

"Kami senang menguji Stories 60 detik sehingga pengguna dapat membuat dan melihat Stories dengan gangguan lebih sedikit," kata Instagram saat dikonfirmasi Social Media Today.

Instagram menyebut bahwa durasi ini memang diuji ke sebagian kecil pengguna agar mereka lebih leluasa berkreativitas di platform. Tapi ada kemungkinan kalau fitur ini akan mengintegrasikan platform Instagram lain seperti Reels.

Head of Instagram Adam Mosseri juga menyatakan bahwa pihaknya tengah mencari cara untuk menggabungkan seluruh platform dalam aplikasi. Dengan ini, Instagram bakal tampil sederhana dan efektif.

Jika dibandingkan dengan pesaing seperti TikTok, Instagram memang bersifat lebih segmented. Beberapa platform seperti Reels, Stories, hingga Feed terpisah satu sama lain.

Sementara TikTok bersifat lebih ramping, di mana aplikasi menampilkan layar penuh berupa video pendek dan streaming yang digabung menjadi satu.

Baca Juga: Lagi Ngetren Add Yours di Instagram, Pakar UGM Peringatkan Risiko Pencurian Data

Dengan penyatuan ini, Instagram dinilai telah melakukan langkah awal seperti TikTok, di mana semua konten melebur jadi satu untuk memaksimalkan pengalaman pengguna.

Komentar