alexametrics

Kalahkan PS5, Xbox Series S Jadi Konsol Terlaris Selama Black Friday

Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta
Kalahkan PS5, Xbox Series S Jadi Konsol Terlaris Selama Black Friday
Konsol game Xbox Series S. [Xbox]

Stok Xbox Series S jadi faktor utama mengapa konsol ini laris.

Suara.com - Momen Black Friday biasanya dibarengi dengan diskon dan promo besar-besaran dari berbagai perusahaan di Amerika Serikat. Laporan teranyar mengungkapkan bahwa Xbox Series S menjadi konsol terlaris selama Black Friday.

Cukup menarik, penjualan Xbox Series S berhasil melampaui deretan konsol seperti Xbox Series X, PS5, hingga Nintendo Switch. Black Friday sendiri merupakan hari Jumat setelah liburan Thanksgiving di Amerika Serikat.

Business Insider membagikan data Adobe Digital Economy Index yang isinya menempatkan Xbox Series S sebagai konsol terlaris selama Black Friday.

Meski tidak ada angka spesifik yang dibagikan oleh Adobe, namun laporan mengklaim bahwa Xbox Series S merupakan item paling laris dan dicari oleh konsumen.

Baca Juga: Devil May Cry 5 Berjalan Mulus di Steam Deck, Begini Tampilannya

Data menunjukkan bahwa Xbox Series S termasuk salah satu item terlaris tahun 2021 di antara lebih dari satu triliun kunjungan situs ritel AS yang dilacak oleh Adobe.

Xbox Series S dan Xbox Series X . (Microsoft)
Xbox Series S dan Xbox Series X . (Microsoft)

Dikutip dari Gamerant, terdapat alasan sederhana yang menjadi kemungkinan mengapa Xbox Series S terjual lebih banyak dibandingkan PS5 dan saudara dekatnya, Xbox Series X.

Xbox Series S memiliki stok dan tersedia untuk dibeli, sementara PS5, Switch OLED, dan Xbox Series X tak memiliki stok mencukupi di pengecer online.

Series S sendiri merupakan konsol yang berukuran lebih kecil dibandingkan Series X. Saat peluncuran pertama kali pada September 2020 lalu, konsol hanya dibanderol 299 dolar AS atau Rp 4,3 juta.

Banderol harganya lebih murah jika dibandingkan Xbox Series X yang sebesar 499 dolar AS atau sekitar Rp 7,1 jutaan. Xbox Series X memakai memori internal berupa SSD NVMe PCIe Gen4 sebesar 1 TB. Sedangkan Xbox Series S hanya 512 GB dengan jenis yang sama.

Baca Juga: Valve Tunda Perilisan Steam Deck, Apa Penyebabnya?

Gameplay Forza Horizon 5. (YouTube/ Forza)
Forza Horizon 5 bisa dimainkan di Xbox Series S. (YouTube/ Forza)

Harga yang lebih miring dan kapabilitasnya untuk memainkan judul game terbaru menjadi alasan lain mengapa popularitas konsol melejit saat Black Friday.

Beberapa judul game saat masa liburan di AS seperti Forza Horizon 5, Halo Infinite, dan Call of Duty Vanguard dapat dimainkan di Xbox Series S.

 Penggemar yang tak ingin ketinggalan judul terbaru dan stok Xbox Series S yang melimpah menjadi alasan mengapa konsol itu begitu laris saat Black Friday di Amerika Serikat.

Komentar