alexametrics

Sifat Cermin Cekung dan Cara Kerjanya

Rifan Aditya
Sifat Cermin Cekung dan Cara Kerjanya
Sifat Cermin Cekung dan Cara Kerjanya - Sebagai ilustrasi reflektor lampu mobil [Shutterstock].

Apa saja sifat cermin cekung itu? Dalam hal apa kita menggunakan cermin cekung?

Suara.com - Apa saja sifat cermin cekung itu? Dalam hal apa kita menggunakan cermin cekung? Tahukah kalian bahwa cermin cekung ini sangat penting keberadaanya dalam kehidupan sehari-hari manusia, terutama dalam pembuatan lampu senter dan reflektor lampu mobil.

Lantas bagaimana cara kerja dan sifat cermin cekung? Melansir dari Toppr berikut ini penjelasan mengenai sifat cermin cekung hingga cara kerjanya dalam kehidupan sehari-hari.

Sifat Cermin Cekung

Sebelum membahas sifat cermin cekung kita harus memahami beberapa hal tentang bayangan yang dibentuk oleh cermin cekung.

Baca Juga: Mengenal 11 Sifat Asam yang Perlu Anda Ketahui

Pertama, untuk cermin cekung yang berbentuk seperti cermin bola, jarak fokusnya ialah setengah dari jari-jari panjang titik fokus. Kedua, cermin memantulkan sinar cahaya dari pusat pada jalur yang sama. Terakhir, bentuk bayangan oleh cermin cekung bisa nyata atau maya. Nah, berikut ini sifat cermin cekung:

1. Jika benda diletakkan di antara fokus dan cermin

Dalam hal ini, bayangan yang terbentuk di permukaan adalah maya dan lebih besar dari benda dan orientasinya sama dengan benda.

2. Jika benda diletakkan di antara pusat cermin dan titik fokus

Dalam hal ini bayangan yang dibentuk oleh cermin adalah nyata dan lebih besar dari bendanya. Selain itu, pembentukan bayangan juga terbalik.

Baca Juga: Sifat Enzim, Fungsi, hingga Strukturnya yang Perlu Diketahui

3. Benda dijaga dua jarak fokus dari cermin-

Dalam hal ini, bayangan akan nyata dan terbalik. Selain itu, formasi gambar berukuran lebih kecil. 

Cara Kerja Cermin Cekung

Sifat Cermin Cekung (dok Kemendikbud)
Sifat Cermin Cekung (dok Kemendikbud)

Cermin cekung adalah jenis cermin yang bagian tengahnya ditekuk ke arah dalam. Selain itu, saat melihat ke cermin ini, Anda akan merasa seperti sedang melihat ke dalam gua. Persamaan untuk cermin ini menentukan seberapa jauh atau dekat objek dari cermin dan berapa ukuran objek (besar atau kecil).

Selanjutnya, hukum pemantulan masih berlaku untuk permukaan cermin cekung. Namun, sudut datang pada cermin cekung tidak sama dengan sudut pantul. Selain itu, sudut pantul tergantung pada area di mana cahaya mengenainya. Hal ini membantu cermin untuk bertindak sebagai lensa kamera yang memfokuskan cahaya dalam membentuk gambar.

Cermin cekung juga dapat memfokuskan bayangan nyata yang diproyeksikan di depan cermin di tempat di mana cahaya terfokus. Gambar yang dibuat oleh cermin cekung terlihat seperti gambar mengambang di udara. Dua buah cermin cekung yang diletakkan satu sama lain maka akan terbentuk bayangan benda yang tampak melayang di udara pada sisi atas cermin.

Seperti itulah cara kerja dan sifat cermin cekung yang berguna dalam kehidupan sehari-hari manusia. 

Kontributor : Lolita Valda Claudia

Komentar