alexametrics

Mengenal 11 Sifat Asam yang Perlu Anda Ketahui

Chyntia Sami Bhayangkara
Mengenal 11 Sifat Asam yang Perlu Anda Ketahui
Ilustrasi secangkir kopi. (Unsplash/@muustudio)

Inilah 11 sifat asam yang perlu Anda ketahui.

Suara.com - Mengonsumsi makanan dan minuman dengan kandungan asam yang terlalu tinggi dapat berbahaya bagi tubuh. Oleh karenanya kita dianjurkan untuk membatasi konsumsi kandungan asam. Simak sifat asam berikut.

Salah satunya adalah kopi, banyak orang memulai hari dengan secangkir kopi di pagi hari. Padahal sifat asam dalam kopi dapat mengancam kesehatan.

Bagi kita yang tidak tahu menahu tentang sifat asam yang terkandung dalam kopi, sebaiknya berhati-hati. Beri jeda pada tubuh agar tidak mengonsumsi kopi setiap hari.
Tak hanya kopi, rasa asam juga dapat dijumpai dalam beberapa jenis makanan dan minuman. Buah jeruk seperti jeruk orange dan lemon mengandung asam sitrat dan asam askorbat, yang lebih dikenal sebagai vitamin C.

Ada pula Soda berkarbonasi mengandung asam fosfat dan Cuka mengandung asam asetat. Bahkan, perut Anda sendiri menggunakan asam klorida untuk mencerna makanan.

Sifat asam

Baca Juga: Sifat Asam: Merusak Tapi Ada Manfaatnya untuk Tubuh

Agar kita bisa berhati-hati, tak ada salahnya belajar tentang sifat asam tersebut, yang antara lain:

1. Larutan asam berair disebut elektrolit, yang berarti mengandung arus listrik.
Beberapa asam elektrolit sangat kuat karena mereka terionisasi sepenuhnya dalam air, menghasilkan banyak ion. Asam lain adalah elektrolit lemah yang ada terutama dalam bentuk non-terionisasi ketika dilarutkan dalam air.

2. Asam memiliki rasa asam. Lemon, cuka, dan permen asam semuanya mengandung asam.

3. Asam mengubah warna asam-basa tertentu menunjukkan. Dua indikator umum adalah lakmus dan fenolftalein. Lakmus biru berubah menjadi merah di hadapan asam, sementara phenolphthalein berubah tidak berwarna.

4. Asam bereaksi dengan logam aktif untuk menghasilkan gas hidrogen. Ingat bahwa seri aktivitas adalah daftar logam dalam urutan reaktivitas menurun.

Baca Juga: Minum Beberapa Jenis Vitamin dalam Waktu Bersamaan, Benarkah Berbahaya Bagi Ginjal?

5. Asam bereaksi dengan basa untuk menghasilkan senyawa garam dan air. Ketika mol yang sama dari asam dan basa digabungkan, asam dinetralkan oleh basa. Produk dari reaksi ini adalah senyawa ionik, yang kita kenal sebagai garam.

Komentar