alexametrics

TikTok Ungkap Konten Populer Sepanjang 2021 di Indonesia, Dari Squid Game hingga Sisca Koh

Liberty Jemadu | Dicky Prastya
TikTok Ungkap Konten Populer Sepanjang 2021 di Indonesia, Dari Squid Game hingga Sisca Koh
Aplikasi Tiktok (Unsplash.com/May Gauthier)

Year on TikTok 2021 menunjukkan bahwa TikTok menjadi tempat tren dimulai dan kreativitas diekspresikan tanpa batasan.

Suara.com - TikTok mengumumkan tren seputar kreativitas dan referensi video singkat di sepanjang 2021 melalui Year on TikTok 2021. Di dalamnya terdapat rangkuman kreator, efek, kategori video, hashtag challenge, selebriti, hingga musik terfavorit di TikTok Indonesia.

"Year on TikTok 2021 menunjukkan bahwa TikTok menjadi tempat tren dimulai dan kreativitas diekspresikan tanpa batasan," kata Angga Anugrah Putra selaku Head of Operations TikTok Indonesia dalam konferensi pers virtual, Selasa (7/12/2021).

Dalam presentasinya, Angga memaparkan beberapa tren video pendek populer di TikTok Indonesia selama 2021. Pertama adalah video meme serial Squid Games dari akun @punyaibenk yang menjadi FYP favorit.

Di kategori kuliner, resep acar bawang dan terong crispy menjadi yang terpopuler untuk dunia kuliner rumahan. Kemudian ada kreator Sisca Kohl dengan tagline "Mari kita coba~" yang menghadirkan konten eksperimen makanan.

Baca Juga: 5 Potret Rumah Seleb TikTok, Bulan Sutena Khas Rumah Bali

Di kategori musik, lagu To the Bone dari Pamungkas yang mengisi momen galau, menjadi gambaran keberagaman tren yang menghibur di TikTok tahun ini.

"Tren video TikTok yang tergambar di Year on TikTok 2021 ini menunjukkan bahwa konsistensi dan semangat kreator dalam menciptakan konten, berhasil memberikan ragam hiburan dan inspirasi pada komunitas TikTok secara keseluruhan," tambah Angga.

Selama 2021, TikTok telah menghadirkan berbagai fitur dan inisiatif untuk mendukung para kreator semakin produktif. Salah satunya adalah TikTok LIVE, yang telah menjadi kanal bagi kreator, brand, UKM, pecinta game, hingga pemain di industri fesyen, untuk saling berinteraksi dan terhubung lewat fitur live stream.

Selain itu, TikTok juga memperpanjang waktu durasi video sehingga pengguna bisa semakin leluasa mengeksplorasi kreativitas mereka melalui konten video.

Angga menilai, hadirnya tambahan fitur dan layanan ini merupakan komitmen TikTok untuk siapa saja tetap produktif dalam berkarya, menjalani bisnis, hingga mempelajari hal yang baru di platform.

Baca Juga: Fitur Tanya di TikTok Sudah Bisa Dipakai di Indonesia

"Kami senang sekali melihat bagaimana komunitas TikTok menghadapi tahun penuh perubahan ini, dan kami tidak sabar untuk melihat lebih banyak momen yang luar biasa dalam perjalanan bersama kreator ke depannya," jelas Angga.

Komentar