alexametrics

XL dan Telkomsel Gratiskan Layanan di Daerah Terdampak Erupsi Gunung Semeru

Liberty Jemadu
XL dan Telkomsel Gratiskan Layanan di Daerah Terdampak Erupsi Gunung Semeru
Warga melintas di permukiman rumah yang rusak diterjang guguran awan panas Gunung Semeru di Desa Curah Kobokan, Candipuro, Lumajang, Jawa Timur Senin (6/12/2021). ANTARA FOTO/Umarul Faruq

XL Axiata memberikan layanan telepon, SMS, dan kuota internet gratis untuk daerah yang terdampak erupsi Gunung Semeru.

Suara.com - Sejumlah perusahaan telekomunikasi di Tanah Air memberikan layanan gratis kepada warga terdampak Gunung Semeru. PT XL Axiata (Tbk) memberikan layanan gratis telepon, internet dan data secara gratis bagi warga di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Regional Group Head XL Axiata East Region, Dodik Ariyanto dikonfirmasi di Surabaya, Selasa (7/12/2021) mengatakan, untuk memberikan layanan gratis itu tim XL Axiata akan segera memasang router di titik yang paling dekat dengan pengungsian, hal ini memudahkan warga dan aparat mengakses layanan data dan internet.

"Kartu perdana dengan kuota data internet gratis dan telepon umum gratis akan kami sediakan, hal ini untuk memberikan kemudahan berkomunikasi dan akses informasi bagi pelanggan dan masyarakat di lokasi bencana, yaitu Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang," katanya seperti dilansir dari Antara.

XL Axiata, kata dia, juga menyelenggarakan program khusus #XLPeduli Semeru Malang dan Lumajang berupa layanan gratis menelepon dan SMS ke nomor XL Axiata maupun nomor operator lain, dengan terlebih dahulu mengirim SMS ke nomor XL Axiata untuk mendapatkan layanan tak terbatas.

Baca Juga: Tanah Panas Jadi Kendala Pencarian Korban Letusan Gunung Semeru, Alat Berat Tak Berarti

"Untuk menelepon dan SMS ke nomor operator lain, pelanggan bisa mendapatkan 10 menit telepon dan 10 SMS gratis. Selain itu, pelanggan juga masih mendapatkan kuota data sebesar 500 MB selama 4 hari dengan mengakses *505#. Program ini berlaku untuk periode aktifasi 5 - 8 Desember 2021," katanya.

Terkait jaringan, Dodik memastikan secara umum semua layanan telekomunikasinya aman, dan tidak terdampak secara signifikan oleh terjadinya erupsi Gunung Semeru.

"Kami memiliki sekitar 33 BTS di radius 20 km dari gunung tersebut, 3 BTS di antaranya sempat padam sesaat terjadi erupsi yang disertai hujan abu dan pasir," katanya.

Namun, kata dia, hingga kini sudah bisa menyala karena ada genset untuk tetap menjaga layanan di area bencana.

Sementara itu, operator Telkomsel melalui Manager Corporate Communications Telkomsel Jawa Bali, Erwien Kusumawan juga memberikan layanan yang sama, yakni mendukung dengan 5 Wifi gratis dan 3 HP untuk mendukung akses internet dan telepon gratis.

Baca Juga: Kisah Korban Letusan Gunung Semeru: Malam Terakhir Syafii dan Istrinya

"Kami sudah berkoordinasi dengan Bupati Lumajang juga untuk info terkini WiFi Gratis dan Paket Telepoon Gratis untuk seluruh MSISDN Kabupaten Lumajang, hal ini untuk membantu mempermudah komunikasi petugas evakuasi dan instansi pemerintah yang siaga menghadapi letusan Semeru," katanya.

Komentar