alexametrics

Fungsi Pankreas dalam Tubuh Manusia

Rifan Aditya
Fungsi Pankreas dalam Tubuh Manusia
Fungsi Pankreas dalam Tubuh Manusia - Penyakit pankreas bisa menyebabkan masalah kesehatan serius, jangan disepelekan. (Shutterstock)

Fungsi pankreas penting dalam mengubah makanan menjadi bahan bakar untuk sel-sel tubuh.

Suara.com - Pankreas adalah organ yang terletak di perut. Fungsi pankreas penting dalam mengubah makanan menjadi bahan bakar untuk sel-sel tubuh.

Dikutip dari columbiasurgery.org, pankreas memiliki dua fungsi yang utama yaitu fungsi eksokrin dan fungsi endokrin. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan fungsi pakreas berikut. 

Fungsi Pankreas

Pankreas yang sehat menghasilkan bahan kimia yang benar dalam jumlah yang tepat, pada waktu yang tepat, untuk mencerna makanan yang kita makan.

Baca Juga: Fungsi Pankreas, Untuk Mengatur Pencernaan dan Menjaga Stabilitas Gula Darah

Seperti yang dijelaskan oleh columbiasurgery.org, pankreas memiliki dua fungsi utama yaitu fungsi eksokrin dan fungsi endokrin. Yuk kita ketahui dua fungsi pankreas ini.

1. Fungsi Exocrine

Pankreas mengandung kelenjar eksokrin yang menghasilkan enzim penting untuk pencernaan. Enzim ini termasuk trypsin and chymotrypsin untuk mencerna protein; amilase untuk pencernaan karbohidrat; dan lipase untuk memecah lemak.

Ketika makanan memasuki perut, jus pankreas ini dilepaskan ke dalam sistem saluran yang memuncak di saluran pankreas utama. Saluran pankreas bergabung dengan saluran empedu umum untuk membentuk ampula Vater yang terletak di bagian pertama usus kecil, yang disebut duodenum. 

Saluran empedu umum berasal dari hati dan kantung empedu dan menghasilkan jus pencernaan penting lainnya yang disebut empedu. Jus pankreas dan empedu yang dilepaskan ke duodenum, membantu tubuh untuk mencerna lemak, karbohidrat, dan protein.

Baca Juga: Alami Demam Seperti Ini, Waspada Gejala Kanker Pankreas

2. Fungsi Endokrin

Komentar