facebook

Mari Berkenalan dengan Ibu Kasur, Sosok di Google Doodle Hari Ini

RR Ukirsari Manggalani | Dicky Prastya
Mari Berkenalan dengan Ibu Kasur, Sosok di Google Doodle Hari Ini
Google Doodle hari ini, Minggu (16/1/2022), merayakan sosok penghibur dan pendidik anak-anak Indonesia, Sandiah alias Ibu Kasur [Dok.Antara]

Mulai baby boomers sampai Generasi X akrab dengan sosok Ibu Kasur.

Suara.com - Google menampilkan tokoh asal Indonesia dalam bentuk gambar di mesin pencariannya yang dikenal sebagai Google Doodle untuk edisi Minggu (16/1/2022).

Siapakah sosok Ibu Kasur yang tampil di Google Doodle?

Jika membuka laman utama Google, Ibu Kasur ditampilkan dalam bentuk lukisan berlatar belakang pemandangan gunung dan anak-anak yang bermain. Jika kursor diarahkan ke gambar sebelum diklik, maka Google menampilkan keterangan "Ulang Tahun ke-96 Sandiah Ibu Kasur".

Mengutip Wikipedia, Minggu (16/1/2022), Ibu Kasur sendiri memiliki nama asli Sandiah dan lahir pada 16 Januari 1926. Ibu Kasur adalah seorang seniman dan tokoh pendidikan Indonesia.

Baca Juga: Pengembang PUBG Menuntut Apple dan Google

Anak-anak TK Al-Izhar melakukan simulasi pemadaman api di Kantor Dinas Pemadam Kebakaran, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis (7/11). [Suara.com/Angga Budhiyanto]
Anak-anak TK Al-Izhar melakukan simulasi pemadaman api di Kantor Dinas Pemadam Kebakaran, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Sebagai ilustrasi murid TK, gambar diabadikan sebelum pandemi COVID-19 [Suara.com/Angga Budhiyanto]

Sandiah mendapatkan julukan Ibu Kasur dari suaminya, Soerjono, yang dipanggil Pak Kasur. Nama Kasur berasal dari Kak Soer, panggilan Soerjono sewaktu muda.

Sandiah dan suaminya bertemu karena keduanya sama-sama anggota Kepanduan Indonesia. Mereka menikah di Yogyakarta pada 29 Juli 1946.

Bersama Pak Kasur pula, ia menjadi pembawa acara Taman Indria di TVRI dan juga pendiri TK Mini di Jakarta. Ketika televisi swasta muncul pada awal 1990-an, Ibu Kasur tampil dalam acara kuis Hip Hip Ceria di RCTI.

Beberapa lulusan TK Mini yang terkenal adalah mantan presiden Megawati Soekarnoputri, Guruh Soekarnoputra, Hayono Isman dan Ateng. TK ini didirikan pada 1965.

Selain bekerja sebagai pendidik dan pemerhati anak-anak, Ibu Kasur juga dikenal sebagai pencipta lagu anak-anak. Karya Ibu Kasur antara lain berjudul Kucingku, Bertepuk Tangan, dan Main Sembunyi.

Baca Juga: Google, Apple, Amazon, Meta, dan IBM Dipanggil ke Gedung Putih, Ada Apa?

Ibu Kasur turut sering menjadi pembicara seminar-seminar yang berhubungan dengan dunia anak. Ia pernah memimpin Yayasan Setia Balita yang memiliki lima buah taman kanak-kanak di Jakarta.

Ia Kasur juga sempat menjadi pengasuh sebuah rubrik di majalah anak-anak Bocil. Berbagai penghargaan termasuk dari dunia internasional pernah diterimanya, sebut saja Bintang Budaya Parama Dharma dan predikat pembawa acara anak-anak legendaris dari sebuah stasiun televisi.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar