facebook

Harga Laptop Lenovo di Indonesia Naik Akibat Krisis Cip

Liberty Jemadu | Dicky Prastya
Harga Laptop Lenovo di Indonesia Naik Akibat Krisis Cip
Consumer Product Lead Lenovo Indonesia, Melton Ciputra di Jakarta, Kamis (23/6/2022). [Suara.com/Dicky Prastya]

Harga laptop Lenovo di Indonesia sudah kembali normal.

Suara.com - Consumer Product Lead Lenovo Indonesia, Melton Ciputra mengakui kalau krisis cip yang melanda perusahaan global turut berimbas ke Lenovo Indonesia. Bahkan harga laptop Lenovo ikut naik akibat fenomena tersebut.

"Pengaruh ke harga sih, kami melihat market, hukum supply and demand ikut bermain," ucap Melton saat ditemui di sela-sela konferensi pers Lenovo di Jakarta, Kamis (23/6/2022).

Ia mengungkap kalau banyak permintaan di tengah keterbatasan pasokan, otomatis harga perangkat bakal naik. Namun Melton mengaku kalau saat ini harga laptop Lenovo sudah kembali normal.

"Kami selalu berusaha semaksimal mungkin untuk memenuhi kebutuhan pasar," ujar dia.

Baca Juga: Krisis Cip Mulai Mereda di Indonesia, Stok Laptop Dipastikan Aman

Kendati demikian, krisis cip semikonduktor yang dialami Lenovo lebih terasa ketika enam bulan lalu. Jadi untuk saat ini, keadaan mulai membaik.

"Trennya sekarang getting better. Buktinya gampang kan ya mencari notebook dibanding enam bulan lalu. Sudah setengah tahun lah ya membaik yang saya lihat," papar Melton.

Lebih lanjut ia mengatakan kalau krisis cip semikonduktor ini adalah masalah global. Jadi ia menilai kalau semua perusahaan bakal terdampak.

"Tapi Lenovo ini kan skalanya global ya, jadi resilience-nya harusnya lebih kuat. Supply chain kami ya kena impact, tapi lebih baiklah," tegas dia.

"Seluruh industri telah terdampak dari disrupsi pasokan yang sedang terjadi dan kami telah memperkirakan bahwa dinamika tersebut akan terefleksi dalam penetapan harga di beberapa area. Namun di area lainnya, kami memperkirakan adanya penurunan biaya dibandingkan kuartal-kuartal lalu. Hal ini akan mengimbangi kenaikan harga di area lain tersebut, atau bahkan menyebabkan penurunan biaya produk secara keseluruhan. Mengingat portofolio kami yang luas, rantai pasokan global kami yang kuat, dengan basis pemasok dan mitra kami yang luas, kami telah berhasil dalam meminimalisasikan dampak terhadap harga-harga produk kami,” tutup Melton.

Baca Juga: Lenovo Hadirkan Layanan Premium ke Laptop Murah IdeaPad Slim 3

Komentar