facebook

Infinix Rilis Thunder Charger 180W, Isi Baterai 50 Persen Cuma Butuh 4 Menit

Liberty Jemadu | Dicky Prastya
Infinix Rilis Thunder Charger 180W, Isi Baterai 50 Persen Cuma Butuh 4 Menit
Infinix meluncurkan Thunder Charger 180W yang diklaim bisa mengisi baterai sebanyak 50 persen dalam 4 menit. Foto: Logo Infinix. [Suara.com/Tivan Rahmat]

Teknologi Infinix ini diklaim dapat mengisi daya 50 persen hanya dalam waktu empat menit.

Suara.com - Infinix memperkenalkan teknologi pengisi daya cepat yang diberi nama 180W Thunder Charge. Teknologi ini diklaim dapat mengisi daya 50 persen hanya dalam waktu empat menit.

Ini adalah charger cepat kedua yang dikenalkan Infinix setelah mereka memperkenalkan Ultra Fast Charge 160W pada tahun lalu. Sayangnya charger 160W itu hanya dirilis sebagai prototipe, bukan ke konsumen umum.

Nah charger 180W Infinix ini bakal diluncurkan juga ke ponsel pada akhir tahun ini, meskipun belum diketahui model smartphone mana yang akan dipakai, sebagaimana dikutip dari GSM Arena, Jumat (1/7/2022).

Charger ini mengusung dua mode, Furious dan Normal. Mode pertama yakni untuk mengisi daya dengan kecepatan maksimum. Sementara mode Normal kecepatannya sedikit dikurangi untuk menjaga suhu baterai tetap rendah.

Baca Juga: Infinix Siapkan Charger Ponsel Berkecepatan 180W

Infinix Thunder Charge 180W ini menggunakan dua baterai dengan laju 8C dengan masing-masing daya 90W. Sistem itu memiliki beberapa lapisan perlindungan juga, serta peningkatan efisiensi untuk menjaga suhu panas.

Infinix turut berkolaborasi dengan produsen baterai top dunia untuk memproduksi sel baterai 8C. Sel ini memiliki lug multi-elektroda yang dapat mengurangi resistansi internal baterai hingga 50 persen.

Kedua baterai itu kemudian disuplai oleh tiga pompa pengisian daya dengan efisiensi konversi 99 persen. Semua upaya itu dapat mengurangi panas saat ponsel diisi daya.

Sistem Thunder Charge juga memiliki 111 mekanisme keamanan software dan hardware. Ini demi mencegah insiden seperti suhu tinggi, peningkatan tegangan, interferensi elektromagnetik, serta bisa menghentikan proses charger apabila terjadi kesalahan.

Selanjutnya ada 20 sensor suhu yang memantau port USB, chip pengisian daya, baterai, dan lokasi penting lainnya. Sistem ini bertujuan untuk menjaga suhu ponsel di bawah 43 derajat Celcius untuk mengurangi penurunan daya baterai.

Baca Juga: Perbandingan Infinix Note 12 VIP vs Infinix Note 12 G96

Thunder Charge menggunakan chip enkripsi khusus untuk memverifikasi apakah kabel itu original atau tidak. Sebenarnya charger ini bisa memakai kabel lain ataupun mengisi daya perangkat lain, tetapi kecepatannya akan dibatasi menjadi 60W atau 100W.

Lebih lanjut Thunder Charge telah menerima sertifikasi charger aman dari TÜV Rheinland. Teknologi ini bakal dirilis ke ponsel pada semester kedua tahun 2022.

Komentar